7 Tips Sebelum Membeli Mobil Baru Yang Dibutuhkan

Tips Sebelum Membeli Mobil Baru – Daya beli masyrakat yang makin meningkat berdampak pada penjualan kendaraan baik dibeli dengan cara tunai maupun kredit.  Mobil yang sebelum sebagai barang mewah kini menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari serta juga dapat digunakan untuk berjalan- jalan dengan keluarga di hari libur dengan mengunjungi tempat-tempat yang menarik.

Berbagai cara dilakukan agar bisa mendapatkan mobil baru ini semua karena terdesak kebutuhan. Di satu sisi sebenarnya ada kendaraan umum yang siap membantu mobilitas banyak orang, namun karena dari segi fasilitas dan kualitasnya kurang memadai membuat orang lebih tertarik untuk memiliki mobi sendiri ketimbang naik kendaraan umum ditambah faktor lainnya adalah gengsi apabila naik kendaraan umum ke tempat kerja.

7 Tips Sebelum Membeli Mobil Baru Yang Dibutuhkan

Hal tersebut sah-sah saja yang penting tidak membuat diri menjadi susah sendiri karena terlalu ingin bisa memiliki mobil pribadi. Bagi yang sudah bulat tekadnya untuk membeli mobil baru, sebaiknya bisa memperhatikan tips sebelum membeli mobil baru agar tidak salah nantinya karena terlalu inginnya sampai tidak memperhatikan hal penting apa yang harus diketahui sebelum beli mobil.

  1. Menyesuaikan Jenis Mobil dengan Dana yang dimiliki

Ini semacam tips membeli mobil baru yang sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan namun karena terlihat sepele masih banyak juga yang tidak menjalankan tips ini. Penting sekali untuk memperhitungkan anggaran yang dimiliki dan kesanggupan baru kemudian menentukan akan membeli mobil merk apa, speknya apa dan lain sebagainya. Apabila kemampuan terbatas, sebaiknya utamakan untuk membeli mobil karena kebutuhan bukan karena keinginan agar tidak terlalu memaksakan diri harus memiliki mobil mewah namun kemampuan hanya bisa membeli mobil kelas menengah.

  1. Menentukan Metode Pembayaran

Apabila telah mendapatkan keputusan akan membeli merk mobil yang mana maka dalam hal pembayaran juga perlu untuk dipikirkan. Menggunakan metode pembayaran tunai dan kredit sebenarnya wajar saja, namun jika memang ada kebutuhan lain selain membeli salah satu moda transportasi ini maka sebaiknya bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pembayaran sistem kredit saja karena dengan begitu kebutuhan lainnya juga dapat terpenuhi. Namun jika memang uang yang telah dipersiapkan tidak mengganggu kebutuhan lainnya maka memilih pembayaran tunai juga lebih baik karena tidak perlu memikirkan lagi pembayaran tiap bulan jika menggunakan kredit.

  1. Membeli Pada Dealer Mobil Terpercaya

Banyak orang saat ada pameran mobil berlomba- lomba membeli mobil baru tanpa mempelajari lebih lanjut apa yang akan dibeli tersebut. Alangkah baiknya, saat pameran mobil berlangsung upayakan untuk mengetahui seluk beluk produk yang dipamerkan sambil kemudian menilai mana delar mobil yang bisa dipercaya dan dalam hal pelayanan juga bagus dengan begitu tidak terlalu terburu- buru harus membelinya di saat acara pameran berlangsung.

  1. Mempelajari Layanan Purna Jual

Untuk tips sebelum membeli mobil baru dengan mempelajari layanan purna jual ini dikhususkan bagi pemakai mobil pemula yang suatu saat berkeinginan akan menjual mobilnya maka setelah sudah menerapkan tips sebelumnya perlu juga untuk mempelajari harga pasar jual mobil bekas karena dengan begitu saat ingin menjual kembali mobil yang telah dibeli akan mendapatkan harga jual yang tinggi. Banyak juga kejadian, karena tergiur dengan ucapan dan bujuk rayu sales mobil langsung mengiyakan saja tanpa menanyakan harga jual kembali sehingga saat ingin dijual kembali harga yang didapatkan sangat rendah.

  1. Mengutamakan Kualitas Mobil

Berbicara kualitas seperti layaknya Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman pastinya memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya Nissan yang mengutamakan performa, desain, serta layanan service maka hal tersebut menjadi kualitas dari mereka. Sebagai pembeli mobil hal-hal tersebut perlu dipelajari, apakah mobil yang akan dibeli nantinya irit bensin atau tidak, dalam hal pengadaan suku cadang mudah didapatkan atau tidak, tempat service serta jaringannya ada banyak atau tidak di seluruh kota di Indonesia. Dengan mengetahui hal tersebut, maka saat ada kendala bisa langsung bisa teratasi.

  1. Mencoba Mobil Sebelum Dibeli

Sebelum membeli mobil baru tidak ada salahnya untuk melakukan test drive, bisa saat ada acara pameran maupun mendatangi dealer terpercaya yang berada dekat dengan tempat tinggal. Akan terasa beda saat orang ingin beli mobil baru tetapi mencobanya terlebih dahulu, maka apa yang dijelaskan oleh sales akan bisa langsung dirasakan. Misalnya dikatakan mobil tersebut memiliki performa tinggi maka dengan mencobanya langsung bisa melakukan uji coba terhadap kecepatannya dan dengan ini bisa terbukti atau tidak ucapan penjual mobil.

baca juga: Mobil Yang Cocok Untuk Anak Muda di Indonesia

  1. Menggunakan Asuransi sebagai Proteksi

Mendengar kata asuransi ada sebagian orang yang langsung menolak dan ada juga yang menerima. Penggunaan asuransi biasanya ada pada mobil yang dibeli secara kredit karena ini menjadi tanggung jawab pihak penjual untuk melindungi mobil mereka selama proses pembayaran belum sepenuhnya selesai. Salah satu manfaat asuransi selain melindungi mobil dari resiko buruk, sangat berperan dalam menjaga kondisi keuangan si pembeli tetap stabil misalnya terjadi tabrakan maka mobil yang diasuransikan bukan menjadi tanggung jawab pembeli tetapi pihak asuransi yang akan mengeluarkan dana untuk menangani hal tersebut. Penggunaan asuransi saat ini juga perlu lebih cermat agar tidak tertipu dengan tawaran premi murah tetapi pastikan perusahaan penyedia asuransi sudah berkompeten dan memiliki berbagai jenis layanan yang mudah di akses. Untuk mobil baru yang dibeli secara tunai sebaiknya juga diasuransikan untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.

Membeli mobil baru merupakan hak setiap orang dan tidak ada yang bisa melarang namun dengan mengetahui tips sebelum membeli mobil baru maka apa yang akan dibeli nantinya menjadi pilihan yang tepat. Utamakan untuk lebih bersabar dan mempelajari mobil yang akan dibeli dan jangan sampai terburu-buru dalam menentukan keputusan karena ini merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan khususnya bagi pembeli mobil pemula.

Penting Untuk Dibaca:
Tempat Wisata di Singapura : Tempatwisata.biz.id