Bagaimana Cara Menjadi Bek yang Hebat, Baik serta Tangguh Menghadapi Lawan

Menjadi bek yang hebat menjadi poin penting dan sangat berperan dalam membantu kiper agar dapat menghalangi pemain lawan yang ingin menerobos masuk daerah gawang untuk mencetak gol. Tak heran jika posisi ini sebaiknya diisi oleh orang- orang yang benar berkualitas, dan oleh karena itu bagi yang ingin menjadi bek yang baik bisa membaca ulasan berikut.

Trik Menjadi Bek Yang Hebat

Bagaimana Cara Menjadi Bek yang Hebat, Baik serta Tangguh Menghadapi Lawan

Mengenai tips maupun trik menjadi bek yang baik akan OPTIMATIVA ulas dengan membuat pembagian antara lain:

Saat Pertandingan

1). Pemain yang berada di posisi belakang atau bek perlu untuk mengantisipasi pergerakan bola serta berupaya agar dapat menguasai sebelum dapat direbut pemain lawan. Dalam permainan jika bola bergerak dengan kecepatan tinggi maka hal ini dapat membuat tingkat permainan jadi lebih lambat dan ingin menjadi kesempatan yang bagus bagi bek untuk memantau bola akan bergulir kemana.

2). Seorang bek wajib dapat mengambil keputusan apakah akan merebut bola dari pemain lawan atau menunggu bola dan membantu penjaga gawang sehingga pemain lawan yang ingin mencetak gol jadi tidak dapat leluasa untuk melesatkan bola sehingga membuat pemain lawan tersebut mau tidak mau harus mengoper bola ke rekannya ataupun berhenti untuk sementara.

3). Bagi yang ingin mengetahui cara menjadi bek sayap yang hebat maka yang perlu diperhatikan adalah dari sisi keamanan agar saat ada tim lawan mencoba melakukan serangan dari bagian sayap dengan begitu bisa diatasi dan tidak usah ragu untuk meminta bantuan dari bek tengah apabila tidak yakin dapat mengatasi sendiri.

4). Bek yang tangguh dapat membaca situasi apapun misalnya saat tim lawan mendapatkan kesempatan tendangan sudut maka upayakan untuk selalu mengawasi rekan tim nya yang berperang sebagai penyerang dan mempertahankan posisi agar tidak terlalu dekat dengannya karena jika ada jarak akan lebih mudah untuk merebut bola dibandingkan tepat berada di belakangnya.

5). Selain memperhatikan pergerakan bola saat pertandingan pemain yang bertugas sebagai bek harus memantau terus posisi dari pemain lawan yang berperan sebagai penyerang agar mengetahui apa saja yang akan dilakukannya dan bersiap untuk menghadapinya.

Yang Perlu Dilatih

1). Selalu melatih diri untuk banyak berlari karena seorang bek sangat dituntut agar bisa dapat mengamankan bola lebih cepat agar rekan yang berperang sebagai penyerang atau striker bisa lebih banyak menciptakan kesempatan gol. Latihan berlari bisa dilakukan dengan melakukan lari jarak pendek setiap hari.

2). Mengupayakan untuk selalu ingat setiap mendapatkan bola harus langsung di oper karena fungsi seorang bek hanyalah bertahan dan ingat untuk tidak mencoba melakukan serangan sendiri karena ada rekan lain yang sudah memiliki tugas tersebut.

3). Berlatih terus untuk selalu memperhatikan pergerakan bola, misal saat melakukan bersama tim pelajari berbagai kemungkinan trik yang akan dilakukan pemain lawan (dalam hal ini rekan latihan) untuk mengelabui.

4). Bek yang hebat tidak pernah menendang bola ke tengah tetapi ke arah pinggir lapangan karena akan lebih mudah untuk diterima rekan yang lain dan biasanya pada posisi tengah sudah ada pemain lawan yang berperan sebagai penyerang.

5). Cara menjadi bek sayap yang baik dengan melatih diri untuk selalu siap pada posisi karena kebanyakan saat pertandingan tim lawan bisa jadi akan mencoba melakukan serangan dari bagian sayap dan apabila ini terjadi maka pemain yang bertugas sebagai bek sayap menjadi penentu nasib timnya.

6). Belajar untuk memprediksi lawan akan melakukan tendangan ke arah mana maupun saat mendribel bola akan di oper ke siapa atau malah langsung melakukan tendangan jarak jauh.

7). Melatih diri untuk peka terhadap berbagai kondisi misalkan rekan satu tim terlihat kesusahan tetapi karena belum ada panggilan bukan berarti sebagai bek diam saja, langsung ambil tindakan dengan melakukan berbagai cara untuk menghalangi pemain lawan menerobos masuk daerah gawang. Bisa dengan berlatih melakukan tekel yang bagus agar tidak terjadi blunder yang salah melakukan tekel malah memberikan kartu merah atau malah memberikan hadiah penalti karena menekel di daerah gawang.

baca juga: Klub Sepak Bola Arema Jadi Juara Piala Presiden 2017

Posisi bek dalam permainan sepak bola ada empat jenis dan memiliki tugas masing- masing sebagai berikut:

  • Bek tengah, posisi ini mengharuskan seorang bek untuk dapat membuat bola keluar dari area kotak penalti serta juga bekerja sama dengan bek lainnya.
  • Sweeper atau libero, pemain yang mendapatkan tugas pada posisi lebih banyak bertahan tanpa melakukan penjagaan terhadap pemain lawan yang bertugas sebagai penyerang dan membantu bek-bek lainnya untuk mengamankan bola. Kemampuan bek ini harus bisa menekel, mengoper serta dapat membaca jalannya permainan dengan baik. Pemain yang berada posisi ini jika penampilannya bagus biasanya di situs berita bola akan mendapatkan tempat tersendiri untuk di ulas seperti yang dilakukan vivagoal situs berita bola terkini membuat topik tentang 5 fakta yang ada membahas tentang bek.
  • Full back, pemain yang sangat dituntut untuk dapat selalu menjaga penyerang lawan dan berupaya agar bola tidak masuk di area kotak penalti.
  • Bek sayap, pada pertandingan sepak bola ada dua jenis bek sayap yang letaknya di sayap kiri dan sayap kanan. Pemain yang mendapatkan tugas ini berfokus untuk mengantisipasi serangan lawang yang datang dari sisi kanan maupun sisi kiri.

Saran Untuk Menjadi Bek yang Hebat

  • Apabila sedang tidak membawa bola, maka selalu berdiri pada posisi semestinya dan mengawasi bola bergerak ke arah mana saja.
  • Bek harus tahu kapan waktunya maju atau berdiam diri dekat gawang karena dengan begitu tidak akan terjadi kesalahan yang fatal mengakibatkan lawan jadi mudah masuk ke area gawang.
  • Bek tengah memiliki andil untuk memberikan perintah kepada pemain tengah agar dapat membantu pertahanan, dengan ini seorang kiper juga akan terbantu.
  • Bek sayap harus selalu fokus pada pemain lawan yang berperang sebagai sayap karena mereka akan selalu berupaya masuk ke kotak penalti melalui sisi sayap kanan dan kiri.
  • Mampu mengantisipasi pemain lawan saat mereka mendapatkan kesempatan tendangan sudut karena apabila tim lawan mempunyai bek dengan ukuran badan yang tinggi biasanya juga akan ikut maju dan berupaya menciptakan gol.
  • Menjaga pemain lawan upayakan untuk tidak langsung berada di dekat mereka, tetapi berilah jarak yang membuat mereka merasa teralihkan mengira tidak di jaga padahal dengan adanya jarak akan memberi kesempatan untuk merebut bola secara tiba- tiba.
  • Berhadapan dengan pemain lawan yang memiliki berbagai macam trik saat membawa bola terkadang membuat seorang bek jadi tertipu dan apabila hal tersebut terjadi wajib untuk mengejar dan berupaya terus mendapatkan bola tersebut, seandainya tidak bisa upayakan agar bola tersebut keluar lapangan dengan begini akan memberikan kesempatan ke rekan satu tim yang lain untuk mengatur strategi.
  • Saat menghadapi lawan yang larinya cepat, selalu paksakan diri untuk berada di depannya bukan di belakang.
  • Selain melihat bola, sebaiknya pelajari juga cara bermain lawan dan jika memungkinkan untuk dapat menemukan dimana letak kelemahan mereka.
  • Melatih diri untuk bermain lebih sabar dan rileks agar tidak terburu- buru karena khawatir waktu akan habis.

Hal yang paling penting menjadi bek yang hebat adalah rebut bola tanpa membuat pemain lawan terluka karena jika sampai pemain lawan terjatuh maupun saat merebut bola terlihat sengaja ingin menjatuhkan maka wasit tidak akan segan-segan mengeluarkan kartu. Bermain dengan sportif dan jaga emosi diri agar tetap tenang.

Bagaimana Cara Menjadi Bek yang Hebat, Baik serta Tangguh Menghadapi Lawan | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!