Cara Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

Cara Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan – Perubahan terhadap lingkungan terjadi saat musim hujan. Dimulai dari perubahan cuaca, bertambah tingkat kelembapan, tingkat pertumbuhan nyamuk semakin bertambah, penyebaran bakteri serta meningkatnya penyakit. Masalah kesehatan juga muncul seperti diare, hidung tersumbat, batuk, flu jadi lebih mudah menyerang tubuh baik dewasa maupun anak- anak.

cara menjaga kesehatan anak di musim hujan
gambar dari situs kaskus

Anak yang rentan penyakit sangat perlu dijaga kesehatannya pada musim hujan. Ada beberapa cara menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa anda lakukan, antara lain:

Memperhatikan Pakaian Anak

Pastikan untuk memberikan pakaian lengkap seperti topi, baju, sarung tangan, kaos kaki serta sepatu hangat pada anak saat mereka melakukan kegiatan di luar rumah. Baju yang dipakaikan juga dibuat lebih tebal dari biasanya.

Hindari Makan Sembarangan

Makan sembarangan disini lebih kepada tempat membeli makannya. Anak sangat suka membeli makanan saat bermain di luar rumah atau sepulang sekolah. Jajan sembarangan sangat tidak dianjurkan baik diluar musim hujan, apalagi saat musim hujan. Sebaiknya orang tua membawakan bekal makanan ataupun makanan ringan yang sudah dipastikan kebersihannya.

Beritahu Batas Waktu Bermain di Luar

Cuaca dingin bagi manusia yang daya tahan tubuhnya lemah dapat menyebabkan penyakit hipotermia. Orang tua wajib memberitahukan kepada anak batas waktu bermain di luar rumah. Jangan biarkan anak bermain terlalu lama di musim hujan karena cuaca dingin tidak baik kesehatan mereka.

Ganti Segera Pakaian Anak Yang Basah

Hal yang disenangi oleh anak- anak saat musim hujan adalah mandi hujan. Mereka akan mencari cara agar bisa melakukan hal tersebut. Orang tua harus sigap saat melihat anak mulai mandi hujan, langsung bawa anak masuk ke rumah dan ganti pakaian mereka. Bahkan jika perlu, minta anak untuk mandi terlebih dahulu baru kemudian ganti pakaian dengan yang kering.

Lindungi Anak dari Nyamuk

Musim hujan menjadi momen berkembangnya nyamuk. Pastikan untuk menutup wadah kosong seperti bak sampah dan berisi air di dalam rumah. Jangan biarkan wadah-wadah tersebut menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Selain itu, orang tua juga bisa memakaian pakaian dengan lengan panjang, celana panjang serta memberikan lotion untuk mengusir nyamuk.

Ajarkan Anak Cuci Tangan Teratur

Kegiatan cuci tangan sebenarnya bukan untuk anak saja, tetapi juga baik untuk orang dewasa. Agar anak mau rutin mencuci tangan, maka orang tua bisa memberikan contoh terlebih dahulu. Sebelum makan, orang tua bisa mengajak anak untuk cuci tangan bersama. Selain itu, setelah keluar kamar mandi, dan setelah melakukan aktivitas di luar rumah maka kegiatan cuci tangan bersama dapat dilakukan.

Konsumsi Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang lemah akan sangat mudah diserang oleh penyakit. Orang tua perlu untuk membuat perencanaan makanan selama musim hujan. Bukan hanya sekedar menyajikan makanan saja, tetapi makanan tersebut saat dikonsumsi bisa membuat daya tahan tubuh jadi meningkat.

Selain makanan bisa juga orang tua memberikan tambahan suplemen. Memberikan suplemen jika kondisi anak memang sedang lemah, atau anak malas makan. Banyak suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah stimuno.

Orang tua diharapkan bisa terbantu dengan tulisan ini, dan tidak pening lagi memikirkan bagaimana cara menjaga kesehatan anak di musim hujan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *