Cek Tagihan Bulanan Listrik Via Online Lewat HP Bisa Pakai 3 Cara

Cek tagihan listrik online lewat hp – salah satu pengeluaran rutin yang harus dibayarkan tiap bulan adalah pembayaran rekening listrik. Kegiatan ini mau tidak mau siapa saja wajib melakukannya dan perlu menyediakan waktu minimal satu hari untuk menyelesaikan pembayaran dan sebaiknya dilakukan sebelum jatuh tempo.

Kendala yang sering dialami para pelanggan adalah tidak memiliki waktu untuk cek tagihan listrik dengan mendatangi kantor atau loket pembayaran agar bisa tahu berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik.

Cek Tagihan Bulanan Listrik Via Online Lewat HP Bisa Pakai 3 Cara

Mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan perkembangan teknologi maka sebenarnya pelanggan tidak perlu lagi melakukan cek manual karena sudah ada aplikasi yang disediakan oleh PLN langsung. Hanya saja mungkin karena sosialisasi yang kurang akhirnya masih banyak juga pelanggan yang tidak mengetahui hal ini. Belum lagi bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut apakah bisa melakukan cek tagihan listrik dengan nama? Atau ada cara lainnya.

 

Untuk membantu menjawab permasalahan tersebut maka tim OPTIMATIVA membuat tulisan singkat ini tentang bagaimana cara cek tagihan listrik online lewat hp secara gratis. Simak tata caranya berikut ini:

PLN memberikan 3 pilihan kepada pelanggan agar bisa melakukan cek tagihan listrik menggunakan aplikasi android, SMS atau secara Online.

  • Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Bagi siapa saja yang memiliki hp maka cara pertama ini bisa diterapkan karena untuk mengetahui tagihan listrik cukup mengirim SMS. Setiap SMS yang dikirim biayanya 500 rupiah tiap SMS dengan mengetikkan format:

REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke nomer 8123

Untuk nomor ID Pelanggan perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan. Setelah sms terkirim maka dalam beberapa saat akan ada SMS balasan yang menginformasikan besar biaya tagihan listrik bulanan.

Proses pembayaran tagihan listrik juga sekarang lebih mudah dengan adanya layanan yang memiliki sistem berkualitas untuk membantu salah satunya membayar tagihan rekening tiap bulan, terkait informasi detailnya telah di buat ulasan tentangĀ Toko Modern FASTPAY Solusi Belanja Online Tanpa Transfer yang bisa jadi berguna untuk pembaca.

Selain bisa melakukan pengecekan, apabila ingin berlangganan untuk memudahkan ke depannya mengetahui biaya tagihan listrik setiap bulan maka bisa juga mengirim SMS untuk berlangganan dengan format:

Ketik SMS dengan Format : PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123 untuk memulai berlangganan.

Ketik SMS : PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123 Untuk berhenti berlangganan.

 

  • Cek Tagihan Listrik Melalui Online

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk cek tagihan listrik online lewat hp dengan membuka situs resmi PLN dan mengikuti langkah- langkah sebagai berikut:

Buka situs PLN di alamat http://pln.co.id/info-rekening/tagihan.php

Pada form ID Pelanggan masukkan nomor ID Pelanggan lalu klik Cek

Setelah itu informasi tagihan listrik akan muncul

baca juga: Tata Cara Membayar Pajak Kendaraan Motor serta Mobil secara Online

 

  • Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Android

Ini bisa dibilang cara yang paling mudah dan simpel karena hanya dengan menginstal aplikasi di HP maka bisa langsung dapat informasi tentang biaya tagihan listrik. Berikut tata cara cek tagihan listrik memakai aplikasi:

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Download aplikasi Info PLN yang merupakan aplikasi resmi PLN langsung di Google Play Store. Apabila ingin menggunakan aplikasi lainnya juga bisa memakai TagihanListrik, CekTagihan PLN, dan InfoTagihan Listrik PLN.

Setelah aplikasi sudah diinstal, jalankan aplikasi dan pilih menu Tagihan Bulanan

Selanjutnya bisa memasukkan nomor ID Pelanggan

Informasi tagihan listrik langsung bisa didapatkan

Dari ketiga cara untuk cek tagihan listrik online lewat hp silahkan tentukan sendiri mana yang dirasa lebih mudah dan praktis. Dengan mengetahui hal ini maka tidak perlu pusing lagi untuk tahu berapa biaya tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulan.

2 thoughts on “Cek Tagihan Bulanan Listrik Via Online Lewat HP Bisa Pakai 3 Cara

  • October 12, 2017 at 12:49 pm
    Permalink

    SatuBon adalah satu-satunya dompet elektronik plus pengingat yang terintegrasi dengan pembayaran digital (Mobile Payment) yang dapat menampilkan nilai tagihan dan catatan anda secara otomatis tanpa perlu repot.

    Reply
    • October 13, 2017 at 1:01 am
      Permalink

      wah ada lagi ya aplikasi cek tagihan listrik online lainnya, terima kasih pak sugianto sudah berkunjung dan memberi informasi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *