Kiat Jitu Menjadi Kiper Terbaik, Handal, Profesional serta Tangguh

Apakah anda sedang berupaya menjadi kiper terbaik memiliki kemampuan serta handal menangani bola secara profesional dan tangguh menghadapi berbagai serangan yang datang dari lawan? Optimativa akan mengulasnya hal-hal apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang kiper jika ingin menjadi terbaik.

Seorang kiper menjadi pemain paling menentukan untuk menjaga agar gawang tidak kebobolan karena ini akan mempengaruhi mental pemain lainnya. Misalkan saat pemain yang berposisi sebagai penyerang berhasil mencetakkan gol dan tidak butuh waktu lama malah gawang tim nya kebobolan juga ini bakal dapat membuat pemain tersebut merasa kesal, terkecuali dia dapat mengendalikan dirinya dan menjadikan hal tersebut sebagai pemacu untuk mencetak gol lebih banyak lagi.

Kiat Jitu Menjadi Kiper Terbaik, Handal, Profesional serta Tangguh

Kiper pemula biasanya diminta untuk melatih dirinya sendiri terlebih dahulu dalam hal kemampuan handling serta berupaya untuk terus mengasah gerak refleks terhadap bola yang ditendang ke gawang. Dua hal ini menjadi kemampuan paling utama yang perlu dimiliki oleh seorang kiper jika ingin menjadi profesional maupun tangguh menghadapi datangnya bola. Selain ini juga ada beberapa poin penting lainnya yang perlu dikuasai juga antara lain:

  1. Menjangkau Bola

Penjaga gawang perlu mempelajari apa yang disebut dengan kemampuan dalam menjangkau datangnya bola karena tidak selamanya kiper dapat menangkap bola, terkadang karena posisi yang tidak bagus mengharuskan seorang kiper menggunakan tumbukan tangan dan kaki untuk menghalau masuknya bola ke gawang. Oleh karena itu, perlu membuat perhitungan dengan matang saat dalam keadaan mendesak apakah bisa menangkap bola atau jika hal tersebut dilakukan bisa jadi membuat bola masuk dan terjadilah gol.

Ulasan Bola Lainnya : Vivagoal Situs Berita Bola Terkini

Menjangkau bola sebaiknya rutin dilakukan latihannya agar tidak terjadi istilahnya mati langkah dimana keadaan tersebut saat ada bola datang tetapi penjaga gawang tidak bisa berbuat apa-apa bahkan sama sekali tidak bergerak karena telah mati langkah dan juga tidak membaca dengan baik bola akan diarahkan ke bagian mana oleh penendang. Untuk ini juga, seorang kiper tidak perlu ragu untuk melompat menepis bola dan menggunakan seluruh anggota badan karena ini sah-sah aja bagi kiper.

  1. Posisi Selalu Baik

Menjadi kiper yang handal maka perlu dapat menguasai penempatan posisi saat berdiri di area gawang. Perlu membuat perhitungan pada titik mana kedua kaki sebaiknya dipijakkan apakah berdiri di tengah, ke depan sedikit atau dimana yang paling pas posisinya. Penjaga gawang pemula perlu sekali menguasai hal ini agar nanti saat pertandingan jadi bisa menentukan berada di mana karena ini akan mempengaruhi keputusan seorang kiper dalam menghadapi datangnya bola apakah maju ke depan untuk meninggalkan gawang, tetap berada di gawang, atau juga dapat menentukan bola yang menuju gawang sebaiknya di tangkis, atau malah sebaiknya terbang menangkap, pun juga bisa melompat untuk menghalau bola. Penempatan posisi yang baik akan memudahkan untuk melakukan berbagai macam penghalauan.

  1. Berkomunikasi

Formasi sepak bola yang berada di bagian belakang selain kiper juga ada pemaik sepak bola berposisi sebagai bek yang menjadi penghalang bola masuk ke gawang sebelum menghadapi penghalang terakhir yaitu kiper. Komunikasi yang baik antara penjaga gawang dengan pemain yang berposisi sebagai bek sangat perlu di jaga karena dengan tidak adanya komunikasi yang bagus dan salah dalam membaca kode yang diberikan seorang bek maka bisa jadi terjadi salah tindakan misalkan bek memberi kode agar kiper tetap di tempat karena merasa yakin dapat menghalau pemain lawan tapi karena kiper salah menafsirkannya akhirnya malah keluar gawang dan berusaha menghalau juga yang bisa saja malah berbenturan dengan bek yang berniat untuk menghalang juga. Apabila hal ini terjadi maka sudah dipastikan bakal terjadi gol karena salah komunikasi antara kiper dan bek.

  1. Konsentrasi

Selama pertandingan berlangsung, dalam keadaan apapun kiper wajib terus untuk konsentrasi melihat pergerakan bola. Biasanya saat bola berada di area lawan maka saat ini penjaga gawang dapat santai tapi jika hal ini dilakukan maka ketika terjadi serangan mendadak membuat kiper tidak siap menghadapi. Oleh karena itu, walau dimana pun bola berada tetap mata seorang kiper memperhatikan kemana saja pergerak bola tersebut dengan begitu jika tiba- tiba umpan lambung jauh ke depan dan disambut penyerang lawan yang berada tidak jauh dari gawang maka kiper sudah tahu apa yang akan dilakukannya.

Menjadi kiper terbaik sebenarnya tidak terlalu sulit namun dibutuhkan kesungguhan dalam berlatih terus agar semakin terbiasa dan mengetahui apa yang baik untuk dilakukan dalam menghalangi bola masuk ke gawang. Gerak refleks perlu untuk selalu dilatih agar lebih cepat respon ketika ada hal-hal yang tidak bisa diperhitungkan.

error: Alert: Content is protected !!