Panduan Menjadi Striker Yang Hebat, Tajam dan Handal di Segala Situasi

Pemain sepak bola yang menjadi striker haruslah yang hebat, memiliki serangan tajam serta handal dalam menangani berbagai peluang yang diciptakan tim untuk dikonversi menjadi gol. Sebagai ujung tombak penyerangan, striker harus selalu siap baik melihat situasi karena berada pada posisi ini memiliki dua tanggung jawab untuk memberikan operan terbaik kepada rekan terdekat atau jika melihat kesempatan bagus untuk membuat gol dapat langsung menendang bola ke gawang lawan.

Posisi striker pada sepak bola juga disebut sebagai penyerang dimana ada empat jenis penyerang antara lain penyerang bayangan, sayap, tengah serta tunggal. Setiap jenis penyerang ataupun striker tersebut memiliki tugas masing- masing.

Menjadi Striker yang Hebat

Sebagai contoh untuk penyerang bayangan bertugas untuk menerima operan dari pemain belakang kemudian diteruskan kepada penyerang utama sehingga orang yang memilih posisi ini diutamakan mempunyai teknik.

Untuk penyerang sayap saat pertandingan sepak bola berada pada posisi kanan maupun kiri dari penyerang utama dimana memiliki tugas untuk memberikan umpang lambung dan juga umpang silang ke penyerang utama.

Penyerang tengah untuk posisi ini biasanya ada pada formasi tertentu seperti 3-4-3 dimana dengan bantuan dari penyerang sayap dapat mencetak gol setelah menerima operan atau juga hanya sebagai pembuka jalan bagi pemain lainnya yang berada di depan untuk membuat gol.

Terakhir yang dimaksud penyerang utama merupakan posisi paling penting dari pemain yang menjadi ujung tombak dalam sepak bola untuk lebih banyak menghasilkan gol. Perlu adanya komunikasi yang baik dengan rekan lainnya agar penyerang utama dapat menerima operan bola lebih mudah.

baca juga: Menjadi Kiper Terbaik

Setelah mengetahui pembagian penyerang ataupun striker maka sudah mendapatkan gambar ingin menjadi striker seperti apa kan? Jika sudah, baru lah pelajari bagaimana cara menjadi striker yang hebat, handal serta memiliki sepakan yang tajam. Berikut poin-poin penting yang perlu diketahui:

  • Seorang striker harus selalu menempatkan diri berada di area serang bagian depan.
  • Strike yang hebat wajib mengetahui berapa jauh jarak posisinya dengan gawang lawan, bisa memperkirakan peluang untuk menendang bola ke gawang serta juga selalu berlatih untuk melakukan tendangan dari berbagai sudut dan dengan berbagai tingkat kesulitan.
  • Selalu melihat pergerakan dari kiper lawan saat melakukan gerak, cara menangkap bola serta mempelajari letak kelemahannya.
  • Menjadikan diri untuk selalu awas saat menerima bola dari gelandang atau pemain belakang serta melihat rekan terdekat untuk memberikan operan yang lebih mempunyai banyak peluang menciptakan gol atau juga menerobos masuk pertahanan daerah lawan.
  • Posisi striker upayakan untuk selalu berada di tengah karena akan memudahkan komunikasi dengan pemain depan lainnya serta jika ingin ambil umpan terobosan, pindah posisi serta memberikan bola juga lebih mudah dan jika perlu teriak agar teman lain dengar.
  • Berlatih terus lebih giat agar tangguh dan kuat untuk bisa memenangkan perebutan bola atas saat pertandingan.
  • Kemampuan berlari cepat perlu dimiliki seorang striker agar dapat bergerak ke ruang kosong untuk mengambil umpan, memutar maupun berlari silang menuju arah tiang jauh serta juga berlari masuk ke bagian tengah kotak penalti untuk menciptakan gol.

Dari beberapa poin yang telah dijelaskan untuk menjadi striker yang tangguh, hebat dan juga handal maka ada beberapa poin yang WAJIB dimiliki oleh seorang striker antara lain:

  • Memiliki keterampilan saat menerima dan melindungi bola dari pemain lawan. Striker lebih sering mendapatkan umpan dari pemain belakang serta pemain gelandang, sehingga saat menerima bola tersebut harus pas berhenti di depan kaki dan upayakan tidak jauh agar tidak di rebut pemain lawan.
  • Seorang striker yang hebat bukan hanya mampu menerima dan memberikan umpan tetapi juga diwajibkan untuk dapat mencetak gol karena dengan demikian dapat membantu saat penyerang utama sedang dalam kondisi terjepit. Oleh karena itu, perlu melatih terus berbagai macam tendangan karena menjadi striker bisa menendang dari berbagi sudut.
  • Wajib ahli dalam menyundul serta dapat melompat tinggi saat terjadi perebutan bola atas.
  • Striker diharuskan untuk terus berlatih menjaga keseimbangan otot serta memiliki kekuatan tubuh yang bagus.

Striker yang hebat akan menjadi ulasan menarik pada situs berita bola karena telah berhasil membawa timnya memperoleh kemenangan, maka jangan sepelekan posisi ini dan jika benar- benar ingin menjadi striker yang baik kualitasnya termasuk dalam hal cetak gol sebaiknya teruslah berlatih.

Dari banyaknya poin yang telah disampaikan pada tulisan menjadi striker yang hebat sebaiknya dari semua itu jika masih belum bisa semua dapat melatihnya tahap demi tahap dengan begitu setiap poin yang ada benar-benar ahli ketimbang belajar sekaligus tetapi hasilnya setengah-setengah.

error: Alert: Content is protected !!