Panduan Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Mudah Tertipu

Tips Belanja Online – Kegiatan membeli barang di online bisa jadi aman serta tidak tertipu saat kita berhasil menemukan toko online yang tepat. Era toko online yang setiap hari semakin banyak malah kadang membuat bingung juga harus menentukan yang mana apakah belanjanya di toko online biasa atau di market place online Indonesia yang sudah terpercaya. Belum lagi jika ada iming- iming harga di toko online biasa jauh lebih murah.

Panduan Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Mudah Tertipu

Fenomena seperti ini yang menjadi kesempatan bagi pihak- pihak tertentu serta tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan membuat suatu toko online dengan desain tampilan yang bagus serta memberikan harga jual produk atau barang jauh dibawah harga biasanya sehingga membuat calon pembeli jadi terpikat seperti yang sudah sering terdengar di berita terkait kasus penipuan jual beli online.

Selain memberikan dampak negatif untuk konsumen, toko online penipu seperti itu juga secara tidak langsung membuat pemilik toko online jujur yang memang mungkin sedang melakukan promo harga besar- besaran jadi tidak mendapatkan kepercayaan dari calon pembelinya. Akhirnya mengalami kerugian serta lebih parahnya kehilangan konsumen sama sekali.

Untuk mengatasi hal demikian maka OPTIMATIVA akan coba memberikan tips belanja online yang aman agar baik konsumen maupun penjual online terpercaya bisa sama- sama di untungkan karena calon pembeli sudah tahu kebenaran yang ada.

  1. Membeli Di Tempat Terpecaya

Mungkin rada klise terdengar saat poin pertama yang diberikan untuk tips belanja online agar tidak tertipu malah membeli di tempat terpercaya. Bagaimana mungkin bisa tahu toko online nya terpercaya atau tidak?

Untuk poin ini lebih di titik beratkan membeli barang online sebaiknya mencari informasinya terlebih dahulu di market place yang sudah ada serta terpercaya. Saat ini lebih dari tiga martket place di Indonesia sangat berkualitas mulai dari produk, harga bersaing, sistem pembayaran yang aman serta juga layanan pengiriman yang terjamin.

Apabila masih tetap ingin membeli di toko online biasa maka pastikan ada review customer serta respon positif dari banyak orang saat nama toko online tersebtu di sebut. Ini menandakan bahwa memang benar toko online yang ada terpercaya.

  1. Pelajari Produk Yang Dibeli

Mempelajari produk atau barang yang akan di beli juga sangat penting untuk dilakukan karena dengan begitu akan mengetahui spesifikasi serta harga sebenarnya, misalnya sedang mau beli minuman ringan segar via online maka pastikan dulu kandungan minuman tersebut dan harga jualnya sama apa tidak dengan harga biasanya. Selain itu juga, jika tidak terlalu cepat memutuskan untuk membeli maka peluang untuk bisa membandingkan harga atau spesifikasi di antara satu toko online dengan toko online lainnya dapat dilakukan.

  1. Lebih Utamakan Pembayaran COD

Sistem pembayaran COD juga lebih ditekankan jika pembelian di market place namun ada juga yang mengharuskan melakukan transfer terlebih dahulu baru barang di kirim bahkan ini sudah merupakan hukum jual beli online. Tips belanja online yang aman saat ada sistem COD nya dimana barang sampai terlebih dahulu ke pembeli baru kemudian dibayarkan, hanya saja hal tersebut akan jarang bisa didapatkan jika melakukan pembelian di toko online biasa yang lebih mengutamakan pembayaran online terlebih dahulu.

  1. Menggunakan Jasa Rekening Bersama

Memakai jasa rekening bersama untuk transaksi jual beli online salah satu langkah bijak apabila ada toko online biasa menyediakan sistem pembayaran seperti ini. Bahkan kalau bisa ada program belanja online tanpa transfer pasti akan lebih membuat calon pembeli merasa tenang untuk melakukan transaksi.

Dengan adanya rekening bersama maka uang yang di transferkan oleh si pembeli akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak penyedia jasa rekening bersama sampai barang dari si penjual dikirim dan diterima baru uang tersebut diberikan ke si penjual. Cara ini juga sudah dilakukan di beberapa market place toko online Indonesia dan terbukti ampuh untuk mengatasi tindak penipuan jual beli online.

  1. Pertimbangkan Harga Murah dan Diskon

Dengar kata- kata murah dan diskon siapa yang tidak mau, pasti langsung berebut dan berupaya agar bisa mendapatkan barang tersebut. Hal ini juga menjadi peluang yang sering dimanfaatkan oleh pihak toko online penipu dengan memberikan harga sangat murah bahkan ada juga yang membuat diskon besar- besaran.

Apabila toko online yang menawarkan itu sifatnya masih baru dan belum banyak orang yang memberikan respon positif maka sebaiknya jangan langsung gegabah membeli di toko online tersebut. Pelajari terlebih dahulu, baru jika sudah yakin dan memang toko online yang ada sedang melakukan program jual barang murah maka silahkan membeli.

  1. Menyimpan Bukti Transaksi

Bukti transaksi setiap beli barang di online merupakan senjata paling utama yang perlu di simpan oleh konsumen. Ini akan sangat berguna saat ada pihak yang mencoba melakukan penipuan karena pada bukti transaksi tersebut menjelaskan bahwa benar sudah ada transfer yang dilakukan pembeli ke penjual.

Tips Belanja Online

Keamanan dalam belanja online paling utama sebenarnya ada pada diri sendiri dengan melakukan pengendalian diri dan tidak mudah tergiur serta cepat percaya. Ini akan menjadi tips belanja online paling penting yang harus dimiliki oleh setiap calon pembeli di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *