Pedoman Cara Naik MRT di Singapura Untuk Wisatawan Pemula

Cara Naik MRT di Singapura – Tidaklah heran kenapa Negara Singapura menjadi salah satu tempat favorit untuk penggemar traveling menghabiskan liburan mereka. Beraneka ragam tempat wisata ada di negara ini, mulai dari yang sifatnya konvensional hingga modern.

Belum lagi banyak maskapai penerbangan memberikan promo menarik untuk calon penumpang dengan tawaran harga tiket pesawat yang menggiurkan seperti program SilkAir Travel Fair hampir setiap tahun mengajak berbagai maskapai penerbangan untuk ikut serta dalam promo tiket murah dan salah satu tujuan wisata juga termasuk Singapura maka tidak heran banyak pelancong yang datang ke negara ini.

Selain itu juga di dukung dengan berbagai jenis moda transportasi seperti bus, taksi, sewa mobil hingga kereta cepat yang disebut dengan MRT membuat wisatawan tidak perlu repot dan bingung untuk mengkesplore negara ini.

MRT singkatan dari Mass Rapid Transit adalah transportasi paling utama digunakan di Singapura. Rute yang ditempuh bisa dikatakan hampir semua tempat dapat terhubung, mulai dari utara ke selatan hingga timur ke barat. Alat transportasi ini menjadi primadona dikarena pengunjung merasakan kenyamanan selama di perjalanan, harga tiket juga murah dan yang paling utama karena kecepatan yang dimiliki oleh MRT.

Pedoman Cara Naik MRT di Singapura Untuk Wisatawan Pemula

Tulisan kali ini dikhususkan untuk memudahkan wisatawan yang baru pertama sekali berkunjung ke Singapura dan belum mengetahui seperti apa tata cara naik mrt di singapura agar tidak salah dan dapat mengunjungi berbagai objek wisata yang ada, berikut penjelasannya:

1). Temukan Stasiun MRT Terdekat

Sangat penting sekali untuk mengetahui dimana tempat stasiun MRT yang berada dekat dengan kita. Biasanya yang dilakukan oleh pelancong yang datang menggunakan dua cara, pertama dengan membawa peta berisikan informasi tempat MRT yang ada di Singapura yang untuk mendapatkan peta tersebut ada di hotel tempat menginap, pusat perbelanjaan atau juga layanan untuk turis. Cara kedua yang paling mudah adalah dengan menginstal aplikasi Singapore Transport Maps di ponsel pintar untuk membantu menemukan lokasi MRT berada.

2). Membaca Peta Jaringan MRT

Setelah menemukan tempat MRT berada, hal yang biasanya dilakukan oleh wisatawan adalah melihat petunjunk di setiap pintu masuk, mesin tiket maupun layanan penumpang ada namanya peta jaringan MRT. Dimana ini merupakan sebagai petunjuk bahwa sedang berada di stasiun apa dan untuk menuju stasiun yang diinginkan akan perlu berapa kali stop atau transfer agar sampai tujuan tempat wisata. Bagi yang sudah menginstal aplikasi Singapore Transport Maps maka sudah ada lengkap tentang ini.

baca juga: Tempat Wisata di Singapura : Tempatwisata.biz.id

3). Beli Tiket Standar atau Kartu EZ-link

Terkait tentang tiket, perlu diketahui bahwa dikarenakan MRT sebagai transportasi utama maka kebanyakan turis atau pelancong yang lebih sering menggunakan kereta cepat ini memilih untuk membeli kartu EZ-link. Kartu ini sangat membantu saat melakukan pembayaraan apapun selama berada di Singapura termasuk dalam hal tiket MRT. Keuntungan menggunakan kartu ini adalah biaya MRT lebih murah dan terdapat diskon saat perpindahan atau transfer dari stasiun satu ke stasiun berikutnya.

Bagi yang belum berkenan untuk menggunakan kartu tersebut tidak masalah karena tiket standar yang biasa ada di stasiun kereta juga ada di sediakan dan dapat ditemukan pada General Ticketing Machines (GTMs). Tiket standar hanya dapat digunakan untuk satu kali perjalanan dan harganya dua kali lebih mahal dibandingkan menggunakan kartu. Jika menggunakan tiket standar maka perlu ingat untuk mengembalikan kembali tiket tersebut ke tempat dimana didapatkan agar bisa mendapatkan kembali deposit S$1.00 dalam waktu 30 hari. Pada mesin ini selain bisa mendapatkan tiket standar juga dapat melakukan pengisian ulang kartu EZ-link.

4). Lakukan Cek in dan tunggu platform

Prosesn cek in dapat dilakukan dengan tiket mana saja baik standar maupun yang menggunakan kartu di mesin reader yang terdapat pada pintu gerbang. Platform sendiri merupakan tempat untuk menunggu kereta datang dimana dalam hal ini perlu untuk selalu membaca petunjuk yang ada untuk mengetahui dibagian mana platform kereta yang akan digunakan. Terkait tentang lama waktu kereta akan tiba bisa dilihat pada layar TV plasma yang ada di sekitar stasiun.

5). Persiapan Saat Kereta Datang

Singapura yang terkenal dengan banyak aturan dan larangan juga berlaku saat ingin menaiki MRT. Budaya antri sangat diutamakan misalnya dengan memberikan kesempatan terlebih dahulu penumpang untuk keluar dari kereta baru kemudia penumpang yang mau naik. Selain itu juga terdapat tanda garis kuning yang mengharuskan penumpan yang akan naik berdiri di belakang garis tersebut.

6). Selama Berada di Statisun dan Di Dalam Kereta

Aturan lainnya yang perlu untuk diketahui adalah selama berada di stasiun dan di dalam MRT maka penumpang tidak diperkenankan untuk makan dan minum, merokok, membawa buah yang baunya menyengat seperti durian. Apabila hal ini dilanggar maka bersiaplah untuk mendapatkan sanksi langsung berupa denda uang dalam jumlah banyak.

Dari beberapa hal yang telah diuraikan tentang cara naik MRT di Singapura semoga bisa lebih membantu wisatawan khususnya yang baru pertama sekali berkunjung ke Singapura dan menggunakan transportasi MRT. Hal yang perlu ditekankan disini adalah biasakan untuk membaca informasi yang ada selama di stasiun kereta atau juga bisa bertanya kepada petugas pelayanan penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Alert: Content is protected !!