Harga BBM Tidak Naik Untuk Jenis Tertentu di Awal Tahun 2017

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Ingnasius Jonan akan membuat pertimbangan untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak selama periode hitungan tiga bulan mulai dari Januari sampai Maret 2017. Dengan kata lain, apabila hal tersebut bisa terlaksana maka dalam tiga bulan setelah tahun baru maka tidak ada perubahan harga BBM.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang berkaitan dengan penyediaan, pendistribusian serta harga jual eceran bahan bakar minyak ditambah dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 Tahun 2016 yang membahas tentang perhitungan harga jual eceran bahan bakar minyak maka Menteri ESDM mempunyai hak untuk menetapkan harga jual BBM jenis tertentu dan khusus yang dapat dilakukan setiap tiga bulan dengan terlebih dahulu melihat dan memperhitungkan perkembangan harga minyak, rata-rata harga indeks pasar dan juga memperhitungkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang dihitung dengan kurs beli Bank Indonesia.

Untuk jenis bahan bakar seperti premium, solar, dan minyak tanah oleh Pertamina Ramah Lingkungan untuk sementara waktu harga jualnya tidak naik dimana dengan adanya ini menjadi upaya pemerintah agar juga ikut menjaga daya beli masyarakat tidak menjadi turun, terutama untuk bahan bakar Solar yang menyumbang dampak inflasi.

Harga BBM Tidak Naik Untuk Jenis Tertentu di Awal Tahun 2017

Keputusan yang dibuat merupakan hasil koordinasi lintas sektor yang telah mempertimbangkan berbagai aspek seperti situasi perekonomian, kemampuan daya beli dari masyarakat, serta aspek ekonomo riil dan juga aspek sosial masyarakat. Berdasarkan pertimbangan yang ada maka pemerintah memutuskan untuk tidak melakukan perubahan harga jual jenis BBM tertentu dan khusus.

Apakah ini akan berlangsung selamanya? Berdasarkan penjelasan yang ada ini masih bisa berubah tergantung dengan perkembangan harga minyak dunia. Dengan memberikan waktu tiga bulan ke depan tidak menaikkan harga bbm maka pemerintah dapat melakukan evaluasi harga minyak untuk setiap bulannya.

‎Sebagai gambaran harga jual jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan pada tanggal 1 Januari 2017 tepatnya pada pukul 00.00 WIB adalah :

Minyak Tanah                                                             = Rp 2.500,- / liter

Solar                                                                              = Rp 5.150,- / liter

Premium khusus luar Jawa-Madu-Bali                 = Rp 6.450,- / liter

Informasi yang didapat untuk sampai saat ini masih seperti yang dijelaskan bahwa pada tahun 2017 nantinya harga bbm tidak naik untuk bahan bakar yang telah disebutkan sehingga jika ada yang mengatakan harga bbm naik di tahun depan sebaiknya perlu dipertimbangkan informasi tersebut namun yang perlu ditekankan juga tidak semua bahan bakar kendaraan yang tidak naik, untuk Pertalite dan Pertamax yang mobil mewah seperti NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN menggunakan bbm tersebut maka harus menunggu berita lebih lanjut lagi karena sejauh ini belum ada keputusannya.

error: Alert: Content is protected !!