Layanan Uang Elektronik dari 4 Perusahaan Besar di Hentikan BI Sementara

Bank Indonesia mengambil tindakan dengan menghentikan aktivitas layanan isi ulang uang elektronik dimana melibatkan banyak perusahaan. Alasan paling utama terkait penghentian ini dikarenakan uang elektronik yang ada belum mendapatkan izin dari BI yang berperan sebagai regulator terhadap sistem pembayaran yang ada di Indonesia.

Layanan Uang Elektronik dari 4 Perusahaan Besar di Hentikan BI Sementara

Sumber Gambar : JawaPos.com

Berdasarkan penjelasan dari Pungky Purnomo Wibowo selaku  Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI menjelaskan bahwa perusahaan yang menggunakan layanan uang elektronik menganggap bahwa tidak perlu melakukan pengajuan izin karena layanan tersebut hanya digunakan pada lingkungan perusahaan itu saja.

Namun sebenarnya jika melihat peraturan BI yang membahas uang elektronik pada pasal 1 angka 3 huruf c sangat jelas dinyatakan bahwa uang elektronik merupakan alat pembayaran kepada pedagang dimana para pedagang bukanlah penerbit uang elektronik yang ada. Terkait sistem layanan pembayaran ada juga artikel tentang Toko Modern FASTPAY Solusi Belanja Online Tanpa Transfer yang sepertinya perlu juga untuk diketahui.

Dengan kata lain, apabila ada pihak di luar BI yang dapat membuat layanan pembayaran untuk bisa digunakan sebagai alat pembayaran kepada pihak lain maka sudah termasuk sebagai uang elektronik dan apabila dana yang beredar telah mencapai Rp 1 miliar maka perlu adanya pengajuan izin ke BI.

Beberapa perusahaan yang sedang terkena penghentian layanan uang elektronik antara lain TokoCash dari Tokopedia, ShopeePay dari Shopee, BukaDompet dari Bukalapak dan Paytren. Untuk perusahaan yang berbasis e-commerce untuk saat ini tengah mengupayakan perizinan ke BI dan penghentian bisa selesai apabila telah mendapatkan izin.

Terkait apakah BI akan memberikan izin kepada perusahaan tersebut salah satu faktor penentu dilihat dari tingkat keamanan sistem IT pada layanan uang elektronik perusahaan apakah dapat terjaga dengan baik atau tidak.

Mulai sejak tanggal 13 September 2017, layanan Tokocash Tokopedia telah berhenti beroperasi untuk sementara waktu namun untuk layanan transaksi, cashback, refund dan redeem Gift Card masih bisa digunakan sebagaimana sebelumnya.

Untuk Shopee sendiri layanan Top Up Shopeepay juga mulai tidak bisa digunakan sejak tanggal 18 September 2017 dan yang paling baru datang dari Bukalapak untuk layanan BukaDompet mulai dirasakan para member tidak bisa digunakan sejak 2 Oktober 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *