Pertamina Menjual BBM Industri Langsung Tanpa Perantara

Perusahaan Pertamina dengan tegas mengatakan bahwa dalam kegiatan jual beli BahanBakar Minyak yang digunakan untuk pembangkit listrik tidak ada agen maupun perantara sama sekali.

Wianda Pusponegoro sebagai Vice President Corporate Communication menjelaskan untuk titik serah pengiriman BBM yang memiliki hak untuk menentukan adalah konsumen. Berdasarkan yang beliau jelaskan, para pelanggan besar Pertamina juga mempunyai metode pengiriman sendiri maupun cara pembayaran.

Pertamina Menjual BBM Industri Langsung Tanpa Perantara

Metode seperti loco yang dalam hal ini segala biaya untuk pengiriman ditanggung langsung oleh pembeli, dan juga ada yang disebut dengan franco yang biaya pengiriman ditanggung langsung oleh penjual dalam hal ini Pertamina. Untuk BBM yang digunakan pada pembangkit listrik, PLN yang memiliki wewenang untuk menentukan titik serah BBM di mana. Selama ini, PLN lebih meminta untuk dikirim sampai Depo/TBMM yang untuk pengiriman menggunakan sistem loco dan untuk keinginan dari PLN ini telah dijalankan dengan baik oleh Pertamina.

Dari sini sangat jelas bahwa Pertamina Solusi Bahan Bakar hanya langsung melakukan transaksi kepada PLN tanpa ada campur tangan dari pihak lain atau perantara dan untuk pengirimannya saja mengikuti keinginan dari pembeli dalam hal ini PLN.

Wianda juga menjelaskan untuk harga BBM industri yang akan digunakan untuk pembangkit listrik di daerah terpencil harganya lebih mahal karena ongkos angkut juga sangat tinggi. Pertamina sendiri tidak mungkin membuat subsidi silang seperti BBM bersubsidi karena jika hal ini dilakukan pada merusak harga BBM Pertamina di daerah lainnya dengan begitu akan terjadi ketidakseimbangan pasar.

baca juga: Pengembangan Panas Bumi di Indonesia

BBM yang digunakan untuk industri pembeliannya juga dilakukan dengan sitem tender yang tidak mungkin dilakukan subsidi silang karena ini akan membuat kurang daya saing saat Pertamina membuat tender pasokan BBM dengan PLN di tempat lainnya sebagai pembeli karena tidak mungkin di satu tempat ada subsidi silang tetapi di tempat lain tidak ada.

Wianda juga sangat mengharapkan, PLN sebagai salah satu BUMN seperti Pertamina dapat saling sinergi dan lebih mengutamakan untuk menghasilkan solusi bersama guna memenuhi kebutuhan akan energi yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Pertamina Menjual BBM Industri Langsung Tanpa Perantara | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!