Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan merupakan salah satu cara dari Perusahaan BUMN yang menangani bidang minyak dan gas untuk mengenalkan produk terbaru yang dijamin akan memberikan kualitas terbaik. Ini merupakan program terbaru yang sedang disosialisasikan apakah ini hanya sebuah wacana saja? Atau memang benar adanya bahwa jika berbicara tentang bahan bakar yang berkualitas serta dapat menjaga lingkungan maka sudah tepat menggunakan pertamina, untuk lebih jelas tentang hal tersebut akan di ulas melalui tulisan kali ini.

Salah satu perusahaan BUMN yang telah lama bergerak di bidang penyediaan bahan bakar minyak seperti minyak bensin, minyak bakar, minyak diesel, minyak solar dan minyak tanah saat ini sedang berupaya untuk mengenalkan produk terbarunya baik yang digunakan untuk kendaraan maupun untuk bahan bakar memasak.

Ini menjadi upaya untuk menjawab permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para khalayak ramai karena tidak mendapatkan hasil yang bagus. Seperti contohnya produk tabung gas elpiji 3 kg yang bisa dikatakan sangat fenomenal karena kehadirannya sangat membantu banyak orang namun dibalik keunggulannya yang di jual di pasaran dengan harga terjangkau, juga memiliki kekurangan.

Berita tentang produk elpiji 3 kg juga sering sekali menghiasi layar kaca, bukan karena kualitasnya tetapi karena sering terjadi kasus tabung gas meledak. Masyarakat jadi semakin kuatir untuk menggunakan gas elpiji 3 kg, namun belum semuanya beralih untuk membeli tabung gas elpiji 12 kg karena harganya jauh berbeda dari yang ukuran 3 kg.

Mau tidak mau akhirnya Pertamina berupaya untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menciptakan suatu produk gas untuk memasak yang diberikan garansi keamanannya dan telah diperkenalkan sejak tahun lalu namun karena masih kurang peminatnya akhirnya tepat di tahun 2016 di sosialisasikan seluas mungkin dengan berbagai cara untuk menarik minta konsumen.

Selain permasalahan gas untuk memasak, sering juga dikeluhkan bahan bakar kendaraan yang terlampau mahal harganya seperti contoh Pertamax yang memiliki kualitas paling bagus dibandingkan Premium. Kendaraan yang beberapa tahun belakang di lepas ke pasar lebih condong disarankan untuk menggunakan Pertamax karena nilai RON nya lebih sesuai, namun dikarenakan harga akhirnya masih pada memilih memakai Premium.

Melihat hal ini, pihak Pertamina juga berupaya agar masyarakat bisa mendapatkan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, oleh sebab itu dibuat penelitian lebih lanjut dan akhirnya terciptalah produk terbaru untuk bahan bakar kendaraan yang juga ramah lingkungan dengan harga yang relatih lebih murah dari Pertamax.

Untuk yang digunakan pada kendaraan disebut dengan Pertalite dan yang digunakan sebagai bahan bakar saat memasak adalah Bright Gas LPG Pertamina. Kedua produk tersebut dinyatakan merupakan solusi bagi yang ingin mendapatkan bahan bakar berkualitas serta tetap dapat menjaga lingkungan.

Seperti apa pertalite dan bright gas, apa saja keunggulan yang ditawarkan apabila menggunakan kedua produk ini. Tim OPTIMATIVA akan membahas hal tersebut untuk anda, agar lebih mengetahui dan tidak salah dalam memilih bbm ramah lingkungan.

Pertalite dan Bright Gas Solusi Bahan Bakar Ramah Lingkungan dari Pertamina

Pertalite dan Bright Gas sedang diupayakan oleh pertamina agar para konsumen mau menggunakan produk terbaru ini. Mulai dengan mengadakan sosialisasi dan juga mengiklankannya pada berbagai media, baik secara offline maupun online.

Kedua produk ini secara bertahap mulai diminati oleh masyarakat namun memang masih belum bisa menggeser produk lainnya dari Pertamina yang telah lama digunakan oleh masyarakat. Namun perlahan tapi pasti dengan kualitas yang diberikan akan mulai banyak juga yang akan beralih.

Biasanya sebuah produk yang lebih ditonjolkan pasti memiliki kelebihan dari produk sebelumnya, agar lebih memudahkan untuk memahaminya berikut penjelasannya satu persatu:

1) Pertalite

Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertalite yang belakangan ini telah menggantikan posisi premium yang dulunya mendapatkan julukan bahan bakar kendaraan primadona semakin lama semakin lebih banyak ditemukan di SPBU ketimbang premium. Ini menjadi salah satu produk unggulan yang di klaim oleh pertamina langsung sebagai bahan bakar aman untuk menjaga lingkungan.

Pertalite yang sampai saat ini telah hadir di 34 kota maupun kabupaten memiliki nilai level research octane number (RON) 90 dimana angka ini lebih tinggi daripada premium yang hanya memiliki RON 88. RON merupakan angka dari hasil pengukuran ataupun pengujian pada mesin kendaraan saat berada pada kecepatan rendah yang biasanya dilakukan di dalam kota.

Angka pada RON seperti 88 untuk premium dan 90 untuk pertalite menjelaskan bahwa saat mesin kendaraan di hidupkan maka besarnya tekanan yang diberikan sebelum bensin terbakar menjadi penentu bahan bakar tersebut baik apa tidak. Berdasarkan data yang didapatkan, semakin besar angka RON maka bahan bakar yang digunakan sangat baik untuk bensin dan juga untuk lingkungan. Ini juga menjadi pertanda bahwa pertalite merupakan bbm berkualitas dari pada premium.

Untuk tambahan informasi, bahan bakar Pertalite terkadang lebih sesuai ketimbang Premium misalnya pada kendaraan sepeda motor matic yang keluaran terbaru biasanya pada body motor tersebut ada di tempel petunjuk angka RON yang lebih sesuai dengan angka RON Pertalite. Jika dipaksakan menggunakan Premium maka pasti performa mesin motor jadi kurang baik karena memang bukan bahan bakar yang dimasukkan ke dalam mesin.

Berdasarkan informasi yang di dapat langsung dari situs pertamina untuk bahan bakar pertalite yang dinyatakan sebagai solusi serta ramah lingkungan, ada tiga kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan Pertalite

  • Durability
    Pertalite jika dilihat dari segi ketahanan atau durability sudah bisa masuk kategori, dimana jenis bahan bakar ini diyakini akan meredam gangguan seperti ketukan (knocking) sehingga membuat mesin kendaraan jadi lebih terjaga dan pastinya akan lebih awet. Ini bisa terjadi karena pertalite memiliki kandungan oktan 90.
  • Fuel Economy
    Untuk yang satu ini akan lebih membahas kepada penggunaan pertalite dikatakan lebih irit dibandingkan premium, dimana sebagai perbandingannya apabila menggunakan 1 liter premium yang bisa menempuh 10 km maka dengan mengisi kendaraan dengan 1 liter pertalite akan bisa menempuh jarak yang sedikit lebih jauh sekitar 11,6 km seperti yang dijelaskan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang.
  • Performance
    Bahan bakar pertalite dapat membuat tarikan kendaraan jadi lebih kencang dan lincah, dimana lagi-lagi angka oktan yang dimiliki dan sebagai bahan bakar non timbal dan logam akan dapat mengurangi korosi yang akhirnya membuat kinerja mesin jadi lebih optimal.

Kekurangan Pertalite

Pertalite yang memiliki nilai RON 90 menjadi salah satu kendala saat jika digunakan pada kendaraan yang memiliki RON 90 ke atas maka bahan bakar ini tidak bisa digunakan. Jadi jika ada kendaraan yang nilai RON nya 92 sudah pasti apabila menggunakan bahan bakar pertalite hasil yang akan didapat tidak akan maksimal.

2) Bright Gas LPG Pertamina

Pertamina Solusi Bahan Bakar

Produk lainnya adalah Bright Gas LPG Pertamina, yang digunakan sebagai bahan bakar saat memasak dimana terdapat tiga jenis antara lain bright gas 12 kg, bright gas 5,5 kg dan bright gas 220 gr. Produk ini bisa dibilang masih baru dan juga masih sedikit orang yang menggunakannya, oleh karena itu perlu disosialisasikan lebih lagi.

Berikut penjelasan serta keunggulan dan kelebihan yang dimiliki Bright Gas:

  • Bright Gas 12 Kg

Bright Gas 12 Kg

Bright Gas ukuran 12 kg bila dibandingkan dengan produk pertamina lainnya yang memiliki ukuran 12 kg juga maka ada beberapa keunggulannya. Dimana untuk jenis ini oleh pihak pertamin ditambahkan katup pengaman ganda atau Double Spindle Valve System sehingga membuat 2 kali lebih aman dari bahaya kebocoran yang bisa terjadi pada produk sebelumnya.

Keuntungan terdapat dua katup adalah saat salah katup rusak maka gas yang ada pada tabung tidak akan langsung membuang keluar dikarenakan adanya katup lainnya yang berperan. Untuk Bright Gas 12 kg disediakan dalam dua pilihan warna antara lain warna ungu dan warna merah muda dimana dengan warna tersebut juga akan membuat suasana dapur jadi lebih menarik.

Kelebihan lainnya dari produk ini adalah pada bagian tabung terdapat sticker yang memberikan petunjuk kepada konsumen tentang cara menggunakan serta memasang Bright Gas 12 kg sehingga akan lebih memudahkan konsumen dan tidak perlu takut untuk menggunakannya.

Tambahan informasi, dalam hal total beratnya jika ditambahkan berat kosong tabung 15,1 ditambah berat isinya 12 kg maka berat totalnya adalah 27,1 kg.

  • Bright Gas 5,5 Kg

Bright Gas 5,5 Kg

Ukuran Bright Gas 5,5 kg lebih dikhususkan untuk rumah minimalis dan apartemen yang lebih memiliki ruang tidak terlalu besar di dalam rumah, sehingga dengan ukuran tersebut sudah memadai apabila ingin menggunakan tabung gas LPG Pertamina. Selain itu juga bagi ibu rumah tangga maupun wanita karir yang memasak tidak terlalu sering juga menjadi target produk ini.

Walau dikatakan 5,5 kg sebenarnya berat totalnya adalah berat kosong tabung 7,1 kg dan 8,1 kg ditambah dengan isinya 5,5 kg sehingga hasil akhir beratnya adalah 12,6 kg dan 13,6 kg. Jadi jangan heran saat nantinya mengangkat tabung gas ini malah terasa lebih berat dari ukuran yang dikatakan.

Sama seperti halnya ukuran 12 kg, untuk bright gas 5,5 kg juga terdapat Double Spindle Valve System yang merupakan dua buah katup pada bagian kepala berguna untuk melindungi dari kebocoran yang sering menjadi salah satu penyebab kebakaran karena tabung gas bocor, dengan adanyan fitur ini maka hal tersebut dapat dihindari dengan demikian LPG Aman untuk digunakan.

Pertamina juga memberikan petunjuk untuk memastikan apakah bright gas 5,5 kg asli apa tidak, antara lain dapat dilihat pada bagian segel yang terdapat hologram bertuliskan “PERTAMINA” dan “LPG” dimana apabila dilihat pada berbagai sisi maka warna yang muncul akan berbeda-beda pada hologram.

Hologram jika dilepas, akan membuat bekas dengan pola tertentu pada tabung seperti teknologi yang ada pada benang pengaman uang kertas akan meninggalkan bekas juga. Pada segel juga ada QR code yang dapat di scan menggunakan gadget sehingga dapat memberitahukan informasi dimana tabung gas 5,5 kg tersebut diisi.

Dengan adanya QR Code juga akan membantu konsumen terhindar dari membeli tabung gas oplosan karena bisa diketahui lokasi tabung gas yang dibeli berasal dari mana. Konsumen juga dimudahkan dengan adanya layanan antar dengan menghubungi nomor pertamina 500-000 yang beroperasi pada hari kerja mulai pukul 07.00-17.00 dengan biaya antar sebesar Rp 8.000 per tabung.

  • Bright Gas Can 220 Gram

Bright Gas Can 220 Gr

Bisa dikatakan ini merupakan terobosan paling baru dan pertama sekali dibuat oleh pertamina dengan menghadirikan bright gas 220 gram yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik rumah tangga maupun industri serta dapat mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan dan ini menjadi salah satu kelebihan dari bright gas 220 gr.

Dengan demikian jika ingin berpergian ke luar atau melakukan kegiatan di alam terbuka yang mengharuskan menginap seperti camping jadi tidak perlu kuatir lagi untuk memasak makanan karena ada bright gas 220 gram yang siap untuk membantu.

Untuk mendapatkan produk ini juga mudah hanya dengan mengunjungi SPBU, Indomaret, dan Outlet penjualan lainnya. Bagi yang tidak ingin repot, juga bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi nomor pertamina 500-000 maka tabung gas ini akan diantar dengan syarat minimal pemesanan 12 pcs.

Harga Bright Gas Pertamina

Berdasarkan data yang di dapat, untuk harga bright gas pertamina ukuran 5,5 kg di kota bandung dengan harga Rp 297.500 dengan perincian untuk harga tabung bright gas pertamina sebesar Rp 240.000 dan isinya sendiri harga Rp 57.500. Mungkin ada sebagian orang yang mengatakan harganya jauh berbeda dengan yang 3 kg, untuk sekedar menambah informasi bright gas bukanlah merupakan program subsidi seperti halnya gas 3 kg.

 

Pengujian Pertalite dan Bright Gas Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina sebagai perusahaan penyedia berbagai jenis bahan bakar, sangat peduli untuk memberikan produk dengan kualitas yang ramah terhadap lingkungan. Pertalite dan Bright Gas merupakan produk yang sudah diberikan garansi resmi langsung oleh pertamina sebagai bahan bakar ramah terhadap lingkungan.

Berbagai pengujian dilakukan seperti halnya autobuild yang melakukan pengujian akselerasi, emisi, serta efisiensi pada unit mobil baru menggunakan premium dan pertalite.

Pada pertalite dari segi akselerasi yang menggunakan Racelogic, hasilnya adalah mesin yang menggunakan pertalite dapat berakselerasi 0-60 kpj dalam waktu 5,1 detik dan untuk 0-100 kpj dalam waktu 13,7 detik yang apabila dibandingkan dengan premium untuk 0-60 kpj dalam waktu 5,6 detik serta akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 14 detik.

Pengujian Pertalite
sumber: autobild.co.id

Terbukti lebih cepat mesin dapat berakselerasi jika menggunakan pertalite, walau tidak terlampau jauh perbedaannya dengan premium namun hal tersebut menjadi salah satu kelebihan pertalite dibandingkan premium.

Pengujian juga dilakukan pada emisi dimana menggunakan parameter ukuran Hydrocarbon (HC) yang merupakan sisa bahan bakar yang dibuang lewat knalpot, dan Hasil yang didapat adalah mesin yang menggunakan premium adalah 5 ppmVol dan yang memakai pertalite hasilnya 6 ppmVol. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa pertalite lebih beremisi daripada premium.

Pengujian Pertalite Emisi
sumber: autobild.co.id

Untuk pengujian efisiensi bahan bakar juga dilakukan menggunakan indikator multi-information display (MID) dan untuk kecepatan rata-rata memakai bantuan GPS dengan rute yang dipilih adalah jalur bebas hambatan dan rute dalam kota.

Hasil yang didapat adalah konsumsi bahan bakar G0+ yang memakai premium untuk di tol menghasilkan 22,5 km sedangkan untuk dalam kota 13,4 kml. Untuk yang menggunakan pertalite dapat menghasilkan 23,4 kpl untuk di tol dan 13,6 di dalam kota. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kecepatan rata-rata 80 kpj di tol dan 22-23 kpj di dalam kota.

Pengujian yang dilakukan serta hasil yang didapatkan membuktikan secara jelas bahwa bahan bakar pertalite lebih berkualitas dibandingkan premium dan lebih hemat serta ramah lingkungan. Sama halnya dengan Bright Gas yang telah proses pengujian dalam hal uji kebocoran gas dan ketahanan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kelebihan dan keunggulan bright gas dibandingkan gas elpiji biasa.

Tulisan tentang pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan selain dibuat untuk memberikan informasi kepada para pembaca serta membantu pertamina mensosialisasikan produk terbaru mereka juga diikutsertakan pada kontes seo dan untuk informasi kontes lainnya juga bisa membaca ulasan tentang NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN yang dan juga tidak kalah lebih pentingnya kontes tentang Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk saat ini juga sedang diikuti.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

yang diadakan oleh pihak pertamina langsung, semoga apa yang disampaikan oleh Tim OPTIMATIVA dapat bermanfaat.