Rekomendasi Hutan Wisata Terbaik di Banyuwangi

Hutan Wisata Banyuwangi – Setelah viralnya kisah misteri KKN di Desa Penari yang diduga berlokasi di Banyuwangi, banyak orang yang penasaran dan langsung melakukan pemesanan tiket pesawat ke sana. Salah satu maskapai yang bisa kamu gunakan adalah  penerbangan menggunakan Lior Air Jakarta menuju Yogyakarta, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta api menuju Banyuwangi, sebagai salah satu kota tempat wisata di surabaya.

hutan wisata banyuwangi
sumber gambar hutan wisata banyuwangi dari https://ksmtour.com

Meski tersimpan kisah mistis, namun wilayah yang berada di Jawa Timur ini memiliki banyak hutan wisata dengan suasana yang begitu menakjubkan. Bahkan, salah satu hutan di Banyuwangi disebut sebagai tempat tiruan dari film legendaris “The Lord of The Ring”. Lantas, apa saja hutan wisata terbaik di Banyuwangi? Berikut rekomendasinya.

Daftar Isi
1. Taman Nasional Baluran
2. Hutan De Djawatan
3. Taman Nasional Alas Purwo
4. Rowo Bayu
5. Mangrove Bedul Ecotourism


Taman Nasional Baluran

Tempat satu ini sering disebut sebagai little Africa di Pulau Jawa. Saat pergi ke Banyuwangi, belum lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki di Taman Nasional Baluran. Tempat ini memiliki hamparan padang rumput sebesar 25.000 hektar yang membuatmu berimajinasi seolah berada di Savana Afrika.

Kamu juga bisa melihat ratusan tumbuhan, hewan dan burung liar yang siap menemani kamu saat berwiasata ke tempat tersebut. Bahkan, kamu juga bisa melihat beberapa binatang buas seperti kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau dan banteng.


Hutan De Djawatan

Ini dia hutan yang paling terkenal di Banyuwangi. Jika kamu sering menonton film The Lord of The Ring, maka pemandangan hutan satu ini tidak asing lagi. De Djawatan, hutan wisata yang berlokasi di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi ini, memiliki keindahan serupa seperti film legendaris tersebut.

Pohon raksaksa yang tingginya mencapai hingga 10 meter ini membuat kamu seolah berada di dunia berbeda dan tidak pernah ditemui sebelumnya. Benalu bewarna hijau yang meilit pada setiap tangkai pepohonan semakin menambah dramatis keindahan hutan ini. Jadi, jangan pernah lupa untuk mampir kesini, ya!


Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan yang disebut sebagai tempat singgasana para makhluk astral dalam cerita KKN di Desa Penari. Tempat ini memang terkenal angker dan menyimpan banyak cerita mistis baik yang terungkap dan tidak.

Akan tetapi, di balik misteri yang berkembang, Alas Purwo selalu menjadi tempat wisata kesukaan para wisatawan. Indahnya flora dan fauna yang berada di hutan tersebut, mampu mengalahkan kisah mistis di dalamnya. Namun, sebaiknya saat berkunjung, kamu tetap memperhatikan aturan dan larangan yang dianjurkan, ya!


Rowo Banyu

Selain Alas Purwo, tempat lain yang tidak kalah mistis dan dikaitkan dengan cerita KKN Desa Penari adalah Rowo Banyu. Kemiripan inisial nama dan penggambaran latar cerita yang sesuai, membuat banyak orang menduga bahwa tempat inilah yang menjadi rumah bagi siluman ular tersebut.

Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa Pura kecil untuk sembayang, mirip seperti yang tergambar dalam cerita tersebut. Akan tetapi, lokasi ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keasrian alamnya masih sangat terjaga dan tidak boleh dirusak.


Mangrove Bedul Ecotourism

Berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Hutan Mangrove Bedul Ecotourism ini memiliki luas sekitar 2.300 hektar. Hutan ini memiliki sungai yang sangat luas, mirip seperti di Amazon, Brazilia. Hutan ini dikelilingi oleh pohon bakau dan tumbuhan lebat lainnya.

Saat berkunjung kesini, kamu juga bisa menemukan beragam jenis burung bangau, elang, monyet hingga buaya yang kerap bersembunyi di dalam air payau. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati, ya!

Kini, saatnya kamu membeli tiket pesawat untuk menikmati keindahan hutan wisata di Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *