Pilihan Kuliner Khas Papua yang Dijamin Mampu Menggoyang Lidah Kamu

kuliner khas papua
Kuliner Khas Papua – Kamu semua pasti sudah mengerti akan keindahan yang ditawarkan oleh tanah Papua. Tidak hanya Raja Ampat, Papua masih memiliki segudang destinasi wisata alam dengan panorama yang memukau. Selain spot wisata alamnya, kamu juga tidak boleh melewatkan kuliner khas Papua yang sangat unik di lidah.

Banyak kuliner khas Papua yang masih belum diketahui oleh masyarakat. Namun untuk urusan rasa, sebaiknya kamu tidak perlu mempertanyakannya lagi kelezatannya. Kamu penasaran dengan kuliner khas Papua apa saja yang bisa menggoyang lidah kamu? Simak penuturannya di sini.

1. Papeda

Papeda Papua
papeda makanan khas papua (sumber gambar wikipedia)

Papeda mungkin menjadi salah satu kuliner khas Papua yang paling populer. Yap, papeda atau bubur sagu dengan tekstur yang khas ini sudah banyak dijual di luar Papua. Namun, tentu saja rasanya tidak akan sama seperti papeda yang kamu makan di tempat asalnya. Bubur yang biasanya disajikan dengan mubara ini menjadi salah satu kuliner yang harus kamu coba saat berkunjung di Papua. Agar semakin nikmat, kamu juga bisa menyantap papeda dengan sayur ganemo. Sayuran ini merupakan tumisan daun melinjo muda yang dicampur dengan pepaya muda dan cabai merah.

2. Kue Lontar

kue lontar papua
kue lontar makanan khas papua (sumber gambar cookpad)

Sebenarnya kue ini bernama kue rontart. Namun, pelafalan yang sulit buat penduduk sekitar menyebut makanan ini dengan nama kue lontar. Kue yang biasa dibuat di daerah Fakfak ini menjadi salah satu kuliner khas Papua yang wajib untuk kamu cicipi. Kue ini adalah sejenis pie susu berbentuk mangkuk dengan rasa manis dan gurih. Bahan-bahan yang digunakan adalah tepung terigu, margarin, vanili, dan susu. Makanan asli Papua ini pun kerap dijadikan penganan saat merayakan Idul Fitri bagi masyarakat muslim di Papua.

3. Kue Bagea

kue bagea papua
kue bagea makanan khas papua (sumber gambar belanga.id)

Makanan berbentuk kue lain yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Papua adalah kue bagea. Kue ini memiliki rasa yang cukup gurih dan tidak terlalu manis dengan tekstur yang agak keras namun lembut ketika sudah berada di dalam mulut. Kue bagea biasanya dinikmati dengan cara dicelupkan dulu ke dalam kopi atau teh sehingga teksturnya lebih lembut dan mudah untuk dikunyah. Karena itu, Bagea kerap menjadi teman minum kopi atau teh di pagi dan sore hari.

4. Sate Ulat Sagu

sate ulat sagu
sate ulat sagu makanan khas papua (sumber gambar okezone)

Untuk kamu penggemar makanan ekstrem, rasanya sate ulat sagu bisa menjadi menu utama saat kamu berkunjung ke Papua. Ulat sagu ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Papua. Bisa dimakan langsung mentah-mentah dan ada juga yang memanggangnya untuk dijadikan sate. Sate ulat sagu ini menjadi kuliner yang sangat khas di wilayah Papua dan Maluku. Sate ulat sagu biasanya dijual oleh pedagang sayur di pasar Youtea, Jayapura.

5. Sambal Colo-colo

sambal colo colo
samba colo colo kuliner khas papua (sumber gambar kompas)

Pecinta pedas wajib cicipi kenikmatan sambal khas Papua bernama sambal colo-colo. Rasanya sangat pedas, sehingga sebaiknya kamu mencicipinya sedikit lebih dulu untuk beradaptasi dengan kepedasannya. Sambal ini sangat pas disajikan bersama tumis kangkung atau bunga pepaya. Jika dilengkapi dengan udang asam manis atau ikan bumbu kuning, pasti sambal colo-colo akan jadi kuliner yang sangat sedap untuk kamu nikmati di Papua.

Itulah sederet kuliner khas Papua yang dijamin menggugah selera. Jika kamu penasaran dan ingin mencicipi makanan-makanan ini, segera pesan tiket pesawat Citilink melalui aplikasi Traveloka, prosesnya makin gampang dan beli nya aman. Jadi, kuliner khas Papua apa yang paling ingin kamu cicipi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *