Seputar Berita Ciamis Terkini Hanya di Harapan Rakyat Online

Seputar berita Ciamis terkini tersaji secara lengkap di situs berita harapanrakyat.com. Media online yang akrab disapa Harapan Rakyat Online ini sudah menjadi barometer informasi mengenai berbagai fakta dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

seputar berita ciamis terkini hanya di harapan rakyat online
tampilan website harapan rakyat online dilihat dari laptop

Sekedar catatan, Harapan Rakyat Online adalah situs berita lokal yang tidak hanya menyajikan seputar berita Ciamis terkini, tetapi juga mengabarkan berita seputar Pangandaran dan Kota Banjar. Maka tak heran jika situs berita ini langsung memberi merk Portal Berita Ciamis, Banjar dan Pangandaran pada laman utamanya.

Harapan Rakyat Online cukup populer di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Situs berita ini pun sudah berhasil membentuk segmen pembaca yang menjadi visitor langganannya. Dengan begitu, media online ini sudah membuktikan bahwa segmen lokal tidak menjadi penghalang untuk mendongkrak visitor. Justru dengan konten lokal akan lebih mudah dalam membentuk segmen pembaca.

Meski berbasis di Kota Banjar, namun Harapan Rakyat Online justru memberi porsi lebih untuk halaman Berita Ciamis. Bahkan, khusus untuk halaman Berita Ciamis, ditambahkan tiga kategori lebih spesifik, yaitu Berita Kawali, Berita Banjarsari dan Berita Rancah.

Redaksi media online ini rupanya paham betul bahwa Kabupaten Ciamis merupakan wilayah terbesar dibanding Kota Banjar dan Pangandaran. Dengan wilayah dan jumlah penduduk terbesar tentu pangsa pasar pun besar. Makanya untuk membidik visitor dari tiga kecamatan besar di Kabupaten Ciamis, yaitu Kawali, Banjarsari dan Rancah, dibuatlah kategori yang lebih spesifik.

Untuk menjangkau sumber berita dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis, tampaknya bukan perkara sulit bagi Harapan Rakyat Online. Selain berpengalaman selama 15 tahun mendirikan koran lokal, juga sudah memiliki sumber daya wartawan serta kontributor di berbagai wilayah Kabupaten Ciamis. Maka tak heran berbagai Informasi seputar berita Ciamis terkini selalu update dan komplit di media online ini.

Promosikan Potensi Daerah

Selain selalu update mengabarkan informasi seputar berita Ciamis terkini, Harapan Rakyat Online juga rupanya memiliki misi untuk mempromosikan potensi daerah di Kabupaten Ciamis, Kota. Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

seputar berita ciamis terkini
tampilan mobile harapan rakyat online media seputar berita ciamis terkini

Khusus untuk Kabupaten Ciamis, media ini banyak mengupas tentang sejarah, situs-situs budaya serta objek wisata alam yang ada di wilayah Ciamis. Redaksi media ini rupanya paham betul, Ciamis yang memiliki banyak situs budaya dan sejarah kejayaan masa Kerajaan Galuh merupakan potensi daerah yang harus didorong untuk menjadi objek wisata budaya dan religi. Selain itu, banyaknya alam pegunungan di Ciamis yang masih asri merupakan potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam.

Kini banyak objek wisata alam bermunculan di Ciamis, khususnya yang berada di wilayah kaki Gunung Sawal. Sebut saja objek wisata Sungai Cierong, Curug Salosin dan Curug Tujuh Panjalu. Selain itu, ada juga objek wisata alam lainnya di Ciamis seperti Situ Lengkong Panjalu, Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu, Wisata Alam Situ Gunung dan objek wisata alam Sayangkak. Semua informasi mengenai objek wisata itu semuanya diulas lengkap di harapanrakyat.com.

Media lokal ini pun rupanya getol mengangkat seni, adat dan budaya yang ada di Kabupaten Ciamis. Seperti seni Bebegig, seni Mabokuy (Manusia boboko dan dudukuy) seni ronggeng gunung dan seni lainnya. Berbagai acara adat masyarakat Ciamis seperti adat Nyangku, adat Nyepuh, adat Merlawu, adat Misalin serta acara adat lainnya tak lupa untuk diangkat menjadi laporan utama di media online ini. Dengan begitu, apabila Anda ingin mengetahui berbagai informasi seputar berita Ciamis terkini, tinggal klik harapanrakyat.com.

Sejarah Harapan Rakyat Online

Untuk diketahui, Harapan Rakyat Online yang memiliki domain harapanrakyat.com merupakan media online yang dikelola oleh redaksi Koran Harapan Rakyat (HR). Koran HR sendiri sudah berdiri sejak tahun 2003. Meski sudah meluncurkan media online, namun Koran HR sampai saat ini tetap eksis dan masih menjadi barometer informasi untuk segmen pembaca surat kabar lokal. Malah grup media ini masih mengedepankan Koran HR sebagai bisnis utamanya.

berita ciamis
fanpage resmi harapan rakyat online

Koran HR didirikan oleh seorang jurnalis senior yang bernama R. Bachtiar Hamara. Pria yang kini berusia 69 tahun ini mendirikan Koran HR pada tahun 2003. Seiring waktu berjalan, Koran HR tumbuh dan berkembang menjadi media cetak lokal yang memiliki tiras cukup besar. Setelah sukses mengelola media cetak lokal, akhirnya perusahaan media ini mencoba mengembangkan sayap dengan mengeluti bisnis media online pada tahun 2013.

Mendirikan media online tentunya bukan tanpa alasan. Seiring pesatnya teknologi di era digital memaksa perusahaan media cetak harus bersiap dari sekarang bila suatu saat kedepan total beralih ke media online. Terancamnya eksistensi media cetak sudah mulai tampak gejalanya. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya perusahaan media cetak di Indonesia yang harus berhenti terbit alias gulung tikar.

Namun berbeda dengan Grup Media Harapan Rakyat. Meski Koran HR hingga kini tetap eksis menyapa pembacanya, namun dari tahun 2013 sudah meluncurkan media online. Merambah bisnis ke media online bukan dikarenakan usaha media cetaknya bangkrut. Tetapi untuk melebarkan sayap bisnis medianya.

Saat Harapan Rakyat Online dilaunching pada tanggal 10 November 2013 atau bertepatan dengan ulang tahun Koran HR ke 10, media online ini langsung disambut pembacanya. Untuk disekup lokal, media online ini tidak perlu gencar melakukan promosi. Sebab, nama besar Koran HR yang saat itu sudah 10 tahun menjadi barometer informasi di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, membantu meyakinkan pembaca untuk selalu mengklik harapanrakyat.com.

Namun begitu, media online ini pun tidak mengandalkan pembaca yang sudah tahu Koran HR. Untuk mendongkrak visitor lokal, Harapan Rakyat Online pun terus berusaha mengoptimasi kata kunci populer mengenai Ciamis, Banjar dan Pangandaran di pencarian google. Maka jangan heran apabila Anda mencari berbagai informasi mengenai tiga daerah tersebut, harapanrakyat.com selalu ada di halaman pertama google.

Selain itu, media online ini pun menggencarkan penyebaran berita melalui media sosial twitter, instagram dan fanspage facebook. Bahkan fanspage facebook resmi milik Harapan Rakyat Online kini sudah memiliki fans sebanyak 103 ribu. Hal itu tentu sudah membuktikan bahwa media online ini benar-benar sudah diterima oleh publik.

Itulah sekilas paparan mengenai Harapan Rakyat Online. Untuk mengetahui lebih jelas tentang seputar berita ciamis terkini dan sekitarnya, silahkan Anda langsung mengunjungi situs harapanrakyat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *