Stimuno Untuk Balita Pelindung Kesehatan Anak

Halo ketemu lagi di blog OPTIMATIVA, disini kami ingin berbagi informasi stimuno untuk balita. Anak merupakan harta yang sangat berharga bagi orang tuanya. Setiap orang tua bakal berupaya melakukan apa saja untuk anaknya. Tidak jarang juga orang tua menganggap anak sebagai manifestasi masa depan. Hal ini didasarkan pemahaman bahwa kelak di hari tua, seorang anak yang akan menjadi tempat berlindung orang tuanya.

stimuno untuk balita pelindung kesehatan anak

Orang tua mempunyai banyak kewajiban selain mempunyai harapan besar kepada anak. Kewajiban orang tua seperti memberikan pendidikan, perlindungan serta kasih sayang hingga anak dewasa.

Anak yang masih dibawah umur lima tahun atau biasa disebut balita, belum memiliki pelindung kesehatan yang kuat. Sangat mudah terserang penyakit khususnya yang datangnya dari luar.

Memberikan balita ASI ekslusif, menjaga kebersihan balita, tidur yang cukup serta makanan bergizi memang langkah yang tepat. Namun perlu juga tambahan seperti stimuno untuk membantu peningkatan pelindung kesehatan anak balita.

Berdasarkan data yang didapatkan dari dari situs Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, salah satu penyakit bisa menyebabkan kematian bagi balita adalah pneumonia. Pneumonia adalah penyakit radang paru yang sangat rentan dialami oleh balita. (sumber: http;//www,depkes,go,id/article/view/410/pneumonia-penyebab-kematian-utama-balita,html , ganti tanda koma pada url dengan titik)

Orang tua masih belum bisa membedakan mana batuk biasa dengan batuk yang mengarah ke pneumonia. Batuk yang lebih menjurus ke pneumonia ditandai balita mengalami sesak napas. Apabila hal ini terjadi, maka segera langsung ke dokter agar bisa ditentukan apakah batuk biasa atau pneumonia.

Pneumonia tidak akan terjadi jika balita memiliki pelindung kuat. Salah satu cara untuk menjaga serta meningkatkan pelindung kesehatan anak adalah memberikan gizi tambahan. Seperti yang sempat diuraikan di kalimat sebelumnya. Produk yang bisa menjadi rekomendasi untuk membantu menjaga serta meningkatkan pelindung kesehatan anak adalah stimuno.

Stimuno sebagai salah satu brand ternama di Indonesia merupakan produk dari PT Dexa Medica. Sebuah perusahaan farmasi didirikan tahun 1969 yang awalnya masih perusahaan kecil, sekarang telah menjadi perusahaan farmasi etikal terbesar di Indonesia.

Daftar Isi

  1. Mengenal Stimuno Untuk Balita
  2. Kenapa Stimuno Baik Diberikan Untuk Balita
  3. Stimuno Bagus Diberikan Kepada Balita
  4. Daun Meniran Pada Stimuno
  5. Pelindung Kesehatan Buah Hati
  6. Bagi Kesehatan Kulit Anak 1 Tahun
  7. Menghindarkan Dari Penyakit Kanker
  8. Menghindarkan Dari Penyakit Batu Ginjal
  9. Terhadap Penyakit Asam Lambung

Mengenal Stimuno

Stimuno merupakan dibuat dari herbal meniran dengan nama latinnya phillanthus niruri sp. yang fungsi utamanya membantu meningkatkan sistem pelindung kesehatan anak.

mengenal stimuno untuk balita

Stimuno telah mendapatkan dua kali mendapatkan Most Recommend Brand tahun 2009 dan 2010 untuk kategori Sistem Pelindung Kesehatan Anak dari hasil survei Onbee Marketing Research, di tujuh kota besar di Indonesia. Hal ini wajar dikarenakan stimuno yang bagus untuk diberikan kepada balita telah mendapatkan sertifikat Fitofarmaka dari BPOM.

Hingga sekarang stimuno masih mendapatkan tempat di hati orang tua, terkhusus ibu-ibu. Apabila dilihat apa yang didapatkan oleh stimuno mulai 2009 sampai 2019 berarti telah lebih dari 15 tahun sudah stimuno dipercaya. Bahkan sebenarnya stimuno telah dipasarkan sejak tahun 1999, dan untuk jalur OTV (over the counter) dari tahun 2005.

testimoni stimuno untuk balita

Berdasarkan gambar di atas, seorang ibu bernama Neneng di Tangerang, telah memberikan produk stimuno untuk balita kepada buah hatinya sejak tahun 2002. Apabila dihitung dari tahun 2019 berarti telah 15 tahun ibu Neneng mempercayai stimuno untuk diberikan kepada anaknya.

Fitofarmaka merupakan obat herbal yang sudah mendapatkan pengujian secara praklinis dan uji klinis. Dimana untuk uji klinis meliput bahan baku serta produk jadinya apakah sesuai atau tidak dengan standardisasi Indonesia. Stimuno berhasil melalui pengujian dan dibuktikan berkualitas serta berkhasiat diberikan terkhusus untuk balita.

Kenapa Stimuno Baik Untuk Diberikan Kepada Balita

Apabila ada pertanyaan kenapa stimuno bagus untuk diberikan kepada balita maka disini akan lebih dijelaskan kepada pencapaian yang telah didapat. Untuk produk knowledge seperti kandungan, hal positif, seberapa banyak memberikan stimuno akan dibahas lebih lanjut di sub berikutnya.

stimuno untuk balita

Stimuno selain telah dikenal di Indonesia, juga berhasil mengembangkan sayap ke mancanegara. Pada tahun 2018 Dexa Medica mendapatkan Primaniyarta Award diberikan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Sudah 3 kali untuk kategori Pembangunan Merek Global melalu merek BOSKA.

Pasar internasional yang telah di garap meliputi pasar Asia, Afrika, Eropa dan Amerika. Untuk pasar Asia terdiri dari negara Myanmar, Filipina, Kamboja, dan Singapura.

Jadi dengan pencapaian yang telah dibuat oleh Stimuno apakah masih ragu dan mempertanyakan kenapa stimuno baik untuk diberikan terutama kepada balita? Jika masih ragu juga, baca terus ulasan yang kami berikan.

Stimuno Bagus Diberikan Kepada Balita

Apa yang telah didapatkan oleh stimuno khususnya kategori berkaitan anak, seharusnya tidak menjadi kekuatiran lagi. Orang tua pun harusnya merasa tenang karena stimuno juga telah lolos dari pengujian.

Namun jika masih ada yang meragukan stimuno jika diberikan maka hal tersebut wajar. Bagi yang sudah yakin, sebagai tambahan informasi bahwa Stimuno aman dikonsumsi mulai dari usia 1 tahun (balita).

Oleh Dexa Medica khusus bagi anak- anak, produk stimuno ada disediakan dalam kemasan syrup. Stimuno syrup memiliki 3 varian rasa antara lain rasa jeruk, anggur dan juga original.

Varian rasa dibuat agar orang tua tidak mengalami kesulitan saat memberikan stimuno kepada balita mereka. Stimuno syrup sebaiknya diberikan sesuai anjuran. Stimuno sirup untuk anak maupun balita takarannya 1 sendok takar (5 ml) 1 kali sehari. Untuk stimuno syrup tersedia dalam kemasan 60 ml dan 100 ml.

Selain peran utamanya untuk menjaga pelindung kesehatan anak anak, Stimuno dapat membantu mempercepat penyembuhan pada anak dan membantu mencegah anak mudah sakit. Sistem pelindung kesehatan yang awalnya lemah, dengan diperkuat oleh stimuno jadi meningkat maka dengan demikian proses penyembuhan jadi lebih cepat.

Apabila dibuat gambaran simpelnya, stimuno mirip seperti pasukan tentara yang menjaga benteng pertahanan. Jadi tidak sekedar meningkatkan pelindung kesehatan anak anak balita saja, tetapi juga stimuno memperbanyak produksi antibodi sehingga sistem pelindung kesehatan balita jadi lebih kuat. Stimuno sebagai satu-satunya Imunomodulator Fitofarmaka di Indonesia.

Stimuno terdapat didalamnya ekstrak daun meniran yang punya banyak hal positif untuk kesehatan tubuh. Adapun hal positif dari daun meniran antara lain mengobati diare, penyakit kuning, kencing manis, mengatasi gangguan saluran pernapasan, mengobati penyakit hepatitis dan paling utama meningkatkan pelindung kesehatan anak.

Daun Meniran Pada Stimuno

Meniran masih banyak mengenalnya sebagai tumbuhan liar. Sangat sering dijumpai di halaman rumah, samping pagar dan pada tanaman lainnya. Belum banyak yang mengetahui bahwa daun meniran bisa memberikan aneka ragam hal positif.

meniran pada stimuno untuk balita

Berdasarkan hasil penelitian dari universitas ternama di Indonesia, daun meniran bisa berfungsi sebagai antibiotik, hipoglikemik (untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah), ekspektoran (peluruh dahak), diuretik (peluruh air seni serta membantu menghindarkan terjadinya pembentukan kristal kalsium oksalat), antivirus, antiradang, antihepatotoksik (melindungi hati dari racun).

Tiga fungsi lainnya dari daun meniran yang juga merupakan fungsi dari stimuno antara lain antipiretik (pereda demam) yang juga merupakan fungsi stimuno untuk anak demam, antitusif (pereda batuk) juga salah satunya hal positif stimuno untuk batuk, dan yang sesuai dengan fungsi utama stimuno adalah daun meniran sebagai  immunostimulan (merangsang sel imun bekerja lebih aktif).

Dari banyaknya hal positif daun meniran maka tidak heran apabila PT Dexa Medica menggunakan meniran sebagai bahan baku untuk membuat stimuno. Baik stimuno untuk dewasa bahkan stimuno untuk balita sudah tentu didalamnya terkandung daun meniran yang telah di ekstrak.

Diharapkan dengan tulisan ini bisa membantu menambah informasi pembaca terkhusus orang tua. Dan mulai sekarang tidak perlu bingung lagi jaga pelindung kesehatan anak, bahkan juga boleh tanamkan tagline stimuno seperti berikut ini: “Minum Stimuno saya dan anak Gak Takut Sakit!” .

Dibawah ini kami cantumkan kutipan- kutipan hasil penelitian tentang meniran:

“Pada tanaman meniran, banyak dimanfaatkan untuk obat tradisional atau obat-obatan  herbal. Hal ini disebabkan karena meniran memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid, seperti halnya karotenoid memiliki potensi sebagai antioksidan pada tubuh serta dalam beberapa penelitian dapat meningkatkan respon imun tubuh (Isa, 2010)”.

Sumber  http;//repository,unika,ac,id/8101/1/07.70.0020%20Oktarina%20Suherman%20COVER.pdf

“Tanaman meniran selalu menjadi pilihan utama  untuk  mengatasi  berbagai  penyakit, seperti batu ginjal, batu kandung kemih, batu kandung empedu, serta gejala infeksi yang menyertainya (Kardinan & Kusuma, 2004)”.

Sumber https;//media,neliti,com/media/publications/224130-pengaruh-konsentrasi-ekstrak-tanaman-men.pdf

“Filantin  merupakan salah satu komponen utama Phylanthus niruri Linn yang memiliki aktivitas melindungi hati dari zat toksik (antihepatotoksik) baik berupa parasit, obat-obatan, virus maupun bakteri (Houghton et al., 1996)”.

Sumber http;//eprints,ums,ac,id/9888/4/K100060040.pdf

“Meniran memiliki khasiat sebagai obat antivirus. Senyawa immunomodulator meniran dapat meningkatkan sistem imun seluler maupun humoral dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam meniran yaitu senyawa flavanoid sebagai anti-oksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E senyawa ini mampu (merangsang) kekebalan tubuh”.

Sumber http;//ejournal,ukrida,ac,id/ojs/index.php/Ked/article/download/1271/1388

Untuk linknya silahkan ganti tanda koma dengan titik

Dari beberapa hasil penelitian yang ada, sudah bisa dikatakan dan tanpa perlu ragu lagi menyebutkan bahwa meniran memang memiliki banyak hal positif. Namun untuk lebih memperdalam informasi mengenai stimuno khususnya untuk dikonsumsi balita bisa untuk penyakit apa saja, kami ulas juga secara singkat apa saja penyakit yang berpeluang untuk bisa diatasi dengan memberikan stimuno khususnya bagi balita umur satu tahun ke atas.

Pelindung Kesehatan Buah Hati

Stimuno untuk meningkatkan pelindung kesehatan buah hati, jadi bukan termasuk obat. Obat pastinya sudah banyak yang paham bahwa dengan mengonsumsinya saat sakit bisa mempercepat jadi sembuh.

stimuno untuk balita bagi pelindung kesehatan buah hati

Berdasarkan penjelasan dari website wikipedia, obat adalah zat ataupun benda yang berguna untuk membebaskan gejala, merawat penyakit serta dapat mengubah proses kimia di dalam tubuh. Bahan yang terkandung di dalam obat selain fungsi utamanya bisa menyembuhkan penyakit maupun gejala penyakit, juga bisa menghindarkan, mengurangi, menghilangkan serta menetapkan diagnosis.

Fungsi utama obat adalah menyembuhkan dari penyakit, dan diberikan saat memang seseorang lagi sakit. Termasuk juga balita, saat buah hati terserang batuk, demam, atau penyakit lainnya maka dianjurkan untuk berobat ke dokter anak.

Untuk fungsi obat seperti di atas, obat yang digolongkan berdasarkan kegunaan dalam tubuh. Sedangkan golongan obat lainnya ada yang didasarkan pada cara penggunaan, cara kerja dalam tubuh, menurut undang- undang, berdarkan sumbernya dan bentuk sediaan obat.

Dengan adanya penggolongan obat maka sangat tidak disarankan mengonsumsi obat tanpa anjuran dari dokter. Terkhusus buat orang tua muda yang baru punya balita, jika anak sakit boleh saja di awal memberikan ramuan obat tradisional. Namun setelah memberikan obat tradisional belum bisa menyembuhkan, maka jangan ambil resiko dengan memberikan sembarang obat ke balita.

Obat lebih tepat diberikan saat sedang sakit, beda halnya dengan stimuno baik untuk orang dewasa maupun untuk anak. Selain penegasan bahwa stimuno bukan obat, disini juga perlu diketahui bahwa stimuno bukan juga pengganti makanan. Jika dilihat kembali artinya sebagai pelengkap, ini berarti tubuh tetap membutuhkan makanan, apalagi balita sangat perlu makanan bergizi untuk perkembangan tubuhnya.

Orang tua perlu tahu bahwa stimuno sangat berguna untuk menjaga kesehatan anak. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami akan berbagi informasi menjaga kesehatan balita, perlu atau tidaknya memberikan gizi tambahan untuk balita dan apakah stimuno dikategorikan tepat untuk diberikan pada balita atau tidak terkait menjaga pelindung kesehatan anak nya. Selamat membaca.

Menjaga Kesehatan Balita

Anak yang memiliki pelindung kesehatan anak maksimal serta fisik yang prima akan membuat kuman penyakit kesulitan untuk mendekati balita. Untuk mendapatkan hal demikian, maka sudah tanggung jawab orang tua berupaya untuk menjaga kesehatan balita. Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan orang tua, antara lain:

Perhatikan makanan balita

Balita agar tetap terjaga kesehatannya maka membutuhkan gizi yang seimbang untuk membuat pelindung kesehatan anak maksimal. Gizi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang didalamnya mengandung zat pengatur (vitamin serta mineral), zat pembangun (protein) dan zat tenaga (karbohidrat serta lemak).

Memberikan minum teratur

Balita juga membutuhkan air di dalam tubuhnya. Minuman yang bagus untuk balita bisa susu, air putih serta jus sebagai tambahan. Susu diberikan kepada balita memiliki hal positif antara lain sebagai sumber energi, mendukung kepintaran balita, mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita, serta memperkuat tulang dan gigi.

Untuk pemberian air putih bisa dilakukan saat anak pada usia 5-7 bulan, pada usia ini anak sudah bisa memegang benda serta waktu yang tepat untuk belajar minum dari gelas. Orang tua bisa menyediakan gelas kecil yang bisa menampung air 4 sampai 6 ons saja. Sedangkan pemberian jus dilakukan saat balita pada usia 1 hingga 6 tahun sekitar 120- 180 ml.

Kebersihan

Balita dapat terjaga kesehatannya bukan hanya dari makanan dan minuman, tampilan fisik prima bisa didapat juga dari kebersihan. Oleh karena itu, untuk balita yang sudah berusia 2 – 3 tahun sudah bisa diajarkan untuk jaga kebersihan tubuh. Pada usia ini balita dapat mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

Bebaskan bergerak

Balita yang aktif bergerak harus tidak membuat orang tua jadi pusing melihatnya. Pergerakan tubuh sangat dibutuhkan balita agar aliran darah menjadi lancar, menghindarkan dari kegemukan, dan bisa membuat pelindung kesehatan anak lebih baik. Dalam sehari total pergerakan balita bergerak minimal 1 jam tapi tidak lebih dari 2 jam per hari.

Beristirahat

Waktu istirahat sangat dibutuhkan oleh balita, sehingga bagi balita yang mengalami gangguan tidur maka hal ini bisa membuat kesehatannya jadi terganggu. Dalam sehari balita membutuhkan 12 hingga 14 jam waktu tidur. Untuk siang hari dianjurkan agar balita tidur 1 sampai 2 jam.

Imunisasi

Melakukan imunisasi cara yang paling sering dianjurkan oleh dokter kepada orang tua agar anak terjaga kesehatannya. Balita yang diberikan imunisasi dikatakan bisa menurunkan risiko terkena penyakit pada masa balita.

Bagi Kesehatan Kulit Anak 1 Tahun

Sudah pernah dengar stimuno bisa menjaga kesehatan kulit anak? Jika belum, berarti boleh dibaca sampai selesai tulisan yang kami sajikan untuk anda. Balita dengan kulit yang lembut, halus serta bersih akan banyak disukai orang. Lain halnya jika ada balita yang kulitnya tidak lembut dan menderita alergi kulit, maka orang akan lebih jaga jarak.

stimuno untuk balita kesehatan kulit anak

Untuk pembaca yang melihat tulisan ini, terkhusus jika punya anak balita yang imut pastikan jangan sampai hal tersebut terjadi. Namun walaupun begitu, masalah kulit pada anak balita masih saja sering terjadi. Terkadang bukan karena orang tua nya tidak menjaga kesehatan kulit balita, tetapi karena kurang memahami hal- hal apa saja yang bisa membuat anak balita jadi terkena alergi kulit.

Alergi kulit terjadi dikarenakan sistem pelindung kesehatan bereaksi karena adanya benda asing. Bagi orang lain hal ini biasa dan tidak berbahaya, tapi tidak setiap orang memiliki pelindung kesehatan yang baik.

Disaat benda asing masuk ke dalam tubuh, orang yang mengalami alergi langsung memproduksi antibodi padahal belum tentu benda asing yang masuk berbahaya. Terjadinya kontak antara antibodi dengan benda asing inilah yang membuat kulit jadi alergi, selain itu juga bisa menimbulkan gangguan pada pernafasan maupun pencernaan.

Untuk anak balita berumur 1 tahun,ada 5 penyebab alergi kulit antara lain:

Dermatitis Kontak Alergik

Dermatitis kontak alergi merupakan alergi kulit dikarenakan adanya kontak dengan bahan kimia tertentu. Untuk jenis alergi ini hanya anak balita dengan keadaan kulit yang sangat peka saja bisa terkena.

Gejala yang ditimbulkan diantaranya ada rasa gatal, timbulnya bercak kemerahan, menyebabkan bengkah, berbintil dan melepuh. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama maka kulit jadi kering, bersisik, berbintil, menebal serta bisa menyebabkan retakan pada kulit.

Alergi dermatitis kontak alergi bisa meluas menyerang berbagai bagian tubuh diantaranya:

Tangan , bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi seperti pestisida, semen, getah sayuran, antiseptik, dan deterjen.

Badang, disebakan bahan kimia pelembut pakaian, bahan pewangi, deterjen, plastik, kancing logam, zat warna, busa, karet, serta tekstil

Leher, disebabkan bahan kimia alergen di udara, zat pewarna pakaian, parfum dan kalung.

Wajah, disebabkan bahan kimia obat oles, bahan kosmetik, spons, dan alergen di udara.

Paha dan tungkai bawah, disebabkan bahan pembersih lantai, sepatu, kaos kaki nilon, tekstil, deterjen, dompet, dan semen.

Telinga, disebabkan bahan kimia cat rambut, anting, gagang telepon dan tangkai kaca mata.

Lengan, disebabkan bahan kimia tanaman, debun semen, sarung tangan karet dan jam tangan (nikel)

Alat kelamin, disebabkan bahan kimia deterjen, parfum, nilon dan antiseptik.

Alergi dingin

Alergi dingin reaksi yang terjadi pada kulit menjadi merah, membengkak serta rasa gatal jika terkena suhu dingin. Selain itu juga, alergi ini bisa terjadi saat memegang objek yang dingin sehingga menyebabkan pembengkakan pada tangan, bibir, dan kerongkongan saat makan makanan maupun minuman yang dingin.

Alergi Obat

Alergi ini yang sering terjadi pada kulit anak balita, dimana anak balita masih sensitif terhadap obat. Gejala yang ditimbulkan membuat kulit seperti biduran, menjadi kemerahan, serta rasa gatal. Alergi obat yang tergolong berat bisa menyebabkan anak balita jadi mengalami sesak napas, pusing, pingsan, mual, kulit kebiruan, nadi cepat dan lainnya.

Eksim atopik

Alergi ini berkaitan faktor genetik, obat- obatan, lingkutan dan sistem pelindung pada kulit. Pemicu yang bisa menyebabkan alergi kulit ini antara lain kacang tanah, kedelai, gandum, telur, susu dan tungau debu rumah.

Anak balita yang terkena alergi ini biasanya dimulai saat usia kurang dari 1 tahun, tepat pada usia 2 bulan. Namun bisa terus berlanjut sampai anak balita usia 2 hingga 10 tahun dan juga bisa sampai usia remaja hingga dewasa.

Pada usia di bawah 2 tahun alergi muncul pada pipi dan dahi dengan berbentuk bintil, keropeng, basah, kemerahan, dan lepuh halus. Dapat juga meluas ke kulit kepala, tungkai, lengan, pergelangan tangan, dan leher.

Sedangkan untuk usia 2 tahun ke atas lebih kering dengan berbentuk bintil, bersisik, dan penebalan kulit. Alergi berada di bagian leher, kelopak mata, pergelangan tangan bagian telapak, lipat lutut, dan lipat siku.

Untuk menghindari alergi ini terjadi, bahan- bahan iritan yang dapat memicu gatal pada anak balita dapat disingkirkan. Bahan tersebut seperti deterjen, sabun dan bahan kimia. Untuk penggunaan sabun sebaiknya pilih sabun yang mengandung pH netral dan mengandung pelembab. Pakaian dicuci dengan menggunakan deterjen yang baik.

Alergi Makanan

Alergi makanan merupakan reaksi yang terjadi saat anak balita makan makanan tertentu. Reaksi ini menyebabkan gangguan pencernaan seperti biduran dan diare, saluran napas, bengkak pada lidah dan bibir.

Alergi pada makanan sebenarnya tidak membuat kelainan pada kulit, namun bisa muncul jika anak balita memiliki alergi lainnya. Apabila setelah 2 jam anak balita mengonsumsi makanan tertentu, pada anak balita yang ada alergi eksim atopik dapat memberikan rasa gatal serta kemerahan. Saat anak balita menggaruknya maka eksim atopik akan jadi kambuh.

Untuk makanan yang bisa menimbulkan alergi ini muncul antara lain gandumg, kedelai, kacang tanah, makanan laut, telur dan susu.

Setelah mengetahui jenis- jenis alergi kulit pada anak balita, maka perlu juga mengetahui bagaimana cara menjaga agar kulit anak balita tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan stimuno untuk balita yang tepat diberikan mulai usia 1 tahun ke atas. Penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Merawat Kesehatan Kulit Anak Balita Salah Satunya dengan Stimuno

Anak yang usianya sudah 1 tahun ke atas merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka sesuatu. Orang tua bisa mulai memberikan contoh dalam merawat kesehatan kulit anak balita. Namun sebelumnya orang tua perlu tahu juga jenis- jenis kulit agar saat merawat kesehat kulit anak jadi tepat hal yang dilakukan.

Untuk menentukan jenis kulit paling pas jika langsung konsultasi ke dokter kulit, namun ada beberap tanda yang bisa digunakan untuk memastikan kulit anak balita tergolong yang mana. Berikut jenis- jenis kulit:

Kulit Normal , warna pada kulit normal merata, halu dan memiliki tekstur yang lembut. Pada kulit yang normal tidak terlihat pori-pori, komedo, noda merah, dan cacat. Kulit tidak terlalu berminyak maupun tidak terlalu kering. Apabila melihat kulit buah hati anda seperti ini maka termasuk kulit normal dan tidak memerlukan perawatan banyak.

Kulit Kering , ciri- ciri pada kulit ini terlihat kasar dan bersisik, memiliki pori- pori besar, terasa gatal. Bisa juga terlihat ada pengelupasan sel- sel kulit yang mati.

Kulit Berminyak , kulit bisa dilihat lebih mengkilap, terdapat pori- pori yang terbuka, bisa juga terlihat minyak pada kulit.

Kulit Kombinasi , kulit seperti ini akan terlihat berminyak di hidung, kening, dagu dan untuk bagian lainnya kering. Selain itu memiliki pori- pori lebih besar.

Kesehatan kulit anak bisa terawat dengan memperbanyak minum air putih dan memakai pelembab bagi yang memiliki kategori kering. Untuk anak balita usia 1 tahun, lebih dianjurkan untuk minum air putih dan makanan yang mengandung kaya nutrisi khususnya untuk kulit. Selain itu juga, orang tua perlu tahu bahwa stimuno yang diberikan untuk balita khususnya usia 1 tahun ke atas bisa untuk kesehatan kulit.

Meniran Pada Stimuno Menjaga Kesehatan Kulit Balita

Meniran nama latinnya (phillanthus niruri sp.) merupakan tanaman herba yang tumbuhnya tegak. Gambaran meniran batangnya tidak memilih getah, bentuknya bulat, memiliki cabang dan warnanya hijau. Tinggi batang dari meniran kurang dari 50 cm. Daun meniran jumlahnya genap dan bersirip. Setiap bagian tangkai memiliki daun berukuran kecil dengan bentuk bulat telur. Panjangnya lebih kurang 5 mm, dan lebarnya 3 mm.

Pada bagian bawah daun ada bintik berwarna merah. Bunga berwarn putih kehijauan yang menghadap ke bawah dan melekat pada ketiak. Buah meniran bentuknya bulat pipih dengan diameter 2 sampai 2,5 cm serta teksturnya licin. Biji daun meniran bentuknya seperti ginjal, warna cokelat dan keras. Akarnya tunggang dan warnanya putih kekuningan.

Tanaman meniran mempunyai kandungan kimia alkaloid, triterpenoid, lignin, hypophyllantin, phlyllanthin, dammar, kalium, asam lemak dan vitamin C. Seperti yang sudah banyak diketahui, mengonsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling efektif oleh ahli kecantikan untuk mengatasi permasalahan kulit. Peranan vitamin C pada kulit karena vitamin ini mampu membentuk kolagen. Kolagen sendiri merupakan komponen penting yang membentuk 70% dari bobot kering kulit manusia.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa anak balita bisa terkena alergi kulit dari berbagai penyebab. Dengan memberikan vitamin C secara tidak langsung melalui perantara stimuno yang terdapat di dalamnya meniran, maka hal ini juga telah membantu menjaga kesehatan kulit anak.

Fakta lainnya adalah Vitamin C juga berperan dalam meningkatkan pelindung kesehatan, dan salah satu penyebab anak balita terkena alergi kulit karena pelindung tubuhnya menurun atau lemah. Dengan kata lain, saat memberikan stimuno kepada balita dapat banyak hal positif yang bakal dirasakan tubuh. Orang tua bisa merawat kesehatan kulit anak balit, serta pelindung kesehatan anak juga terjaga.

Menghindarkan dari Penyakit Kanker

Penyakit kanker sampai saat ini masih menjadi penyakit yang mematikan, tanpa ada mengenal umur. Anak balita serta remaja hampir setiap tahunnya terserang penyakit kanker. Sangat menyedihkan apabila balita yang dikamingi mengidap penyakit ini. Kanker pada balita maupun anak- anak bukan disebabkan karena pola hidup, tetapi adanya mutasi gen. Lebih lanjut penyebab kanker di bawah ini

stimuno untuk balita menghindarkan penyakit kanker

Penyebab Kanker Pada Anak Balita

Seorang anak yang terlahir dengan gen bawaan rusak dapat mendorong semakin cepat timbulnya kanker. Gen rusak bisa karena memang bawaan dan juga disebabkan paparan dari luar seperti radiasi, asap rokok, bahan kimia dan lainnya.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa ibu hamil tidak baik dekat dengan orang yang sedang merokok, karena asap rokok tersebut bisa menjadi faktor gen jadi rusak. Sehingga bayi yang sering terkena paparan asap rokok, saat dilahirkan telah memiliki gen rusak dan dengan kata lain berpotensi terkena penyakit kanker.

Jenis Kanker Anak

Secara umum berdasarkan data yang kami dapatkan dari situs kesehatan, beberapa jenis kanker yang biasa menyerang anak usia dari bayi hingga 1 tahun ke atas, antara lain:

Retinoblastoma

Retinoblastoma atau kanker mata dapat menyerang anak usia sekitar 2 tahun. Mata pada anak yang mengalami retinoblastoma terlihat seperti mata kucing. Dimana saat terkena cahaya lampu akan memantulkan cahaya putih. Selain itu juga, ada warna merah pada bagian pupil mata. Ini dikarenakan adanya darah pada bagian belakang mata.

Kanker retinoblastoma bisa didapatkan dari faktor turunan. Apabila salah satu anggota keluarga saja, baik dari pihak orang tua laki- laki maupun perempuan ada yang terkena penyakit kanker jenis ini, maka dapat diturunkan ke anggota keluarganya. Untuk yang tidak dikarenakan faktor turunan, kanker ini dapat terdeteksi pada usia 1 hingga 2 tahun.

Limfoma

Limfoma merupakan sebutan untuk kanker kelenjar getah bening. Hampir setiap tahunnya kanker ini menyerang anak- anak mulai usia 0 hingga 14 tahun. Anak balita yang terkena limfoma peluang sembuhnya lebih besar apabila ditangani sejak dini. Walau begitu, masih sangat sulit untuk mendeteksi limfoma pada bayi maupun anak usia dini. Hal ini dikarenakan bayi ataupun balita belum bisa memberikan pertanda badan lemas atau yang lainnya.

Anak balita dapat terserang limfoma saat pelindung kesehatan anak tubuh terganggu. Selain itu, anak yang pernah menjalani kemoterapi, radiasi, maupun transplantasi ini yang berpeluang terkena limfoma. Hanya saja penyebab pastinya anak balita bisa terkena penyakit kanker limfoma belum diketahui jelas hingga kini.

Tanda- tanda kanker limfoma terlihat berbentuk benjolan tanpa ada rasa nyeri. Benjolan ini bisa terlihat pada bagian lipat paha, perut, dan daerah leher. Apabila menemukan seperti ini, secepatnya bawa anak ke dokter agar tahu untuk mengambil tindakan sejak awal. Bila benar benjolan kanker limfoma maka dapat diobat dengan segera.

Leukimia

Leukimia atau kanker darah inilah yang paling sering menyerang anak- anak. Untuk anak usia 3 hingga 5 tahun , jenis leukimia nya disebut leukimia akut. Seorang anak terkena leukimia bisa dikarenakan turunan dan faktor luar seperti paparan radiasi, dan juga sistem pelindung kesehatan yang terganggu akibat adanya transplantasi.

Gejala yang dialami saat anak mengidap penyakit leukimia antara lain, sakit kepala, hilang selera makan, mual, mudah berdarah, infeksi disertai demam, lemas dan pucat. Anak balita yang terkena penyakit ini bisa sembuh dengan kemoterapi. Namun jika belum membuahkan hasil baru dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang.

Wilms Tumor

Penyakit kanker ini disebut juga dengan kanker ginjal. Anak yang terkena penyakit ini antara usia 3 sampai 4 tahun. Gejala yang bisa terlihat adanya pembengkakan pada bagian perut dekat ginjal, hilangnya nafsu makan, mual dan demam. Anak yang terserang penyakit kanker ginjal dikarenakan kegemukan, tekanan darah tinggi, dan adanya riwayat keturunan dari keluarga.

Kanker Saraf Neuroblastoma

Kanker saraf neuroblastoma merupakan kanker yang paling sering menyerang bayi di awal- awal kehidupan. Kanker ini lebih sering muncul akibat faktor keturunan. Bayi yang terkena kanker saraf neuroblastoma memperlihatkan gejala sakit ulang, rewel, muncul benjolan pada leher, adanya benjolan biru pada kulit disekitar mata, perut terasa nyeri dan membengkak, sesak napas dan mengalami kesulitan menelan.

Dari beberapa jenis kanker pada anak yang telah disebutkan, langkah yang tepat untuk menghindarinya adalah dengan meningkatkan sistem pelindung kesehatan. Stimuno yang dengan bahan utamanya bisa mengurangi resiko kanker pada anak.

Stimuno Bisa Mengatasi Kanker Anak Balita?

Masih jadi pertanyaan besar pastinya bagi yang membaca tulisan kami mengenai stimuno untuk balita menghindarkan kanker pada anak. Wajar saja karena dari atas belum ada kami bahas mengenai stimuno itu apa, produknya apa saja untuk balita, dan seperti apa cara kerja stimuno sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kanker.

Bahan Utama Stimuno Atasi Kanker

Disini kami kembali lagi akan menjelaskan mengenai kanker pada anak, setelah sebelumnya menginformasikan mengenai produk stimuno varian rasa untuk balita. Bahan utama stimuno yaitu daun meniran ternyata memiliki khasiat bukan hanya untuk meningkatkan pelindung kesehatan anak, tetapi juga dapat mengurangi resiko terkena kanker.

Meniran merupakan tanaman yang dapat ditemukan pada banyak tempat. Di Indonesia, meniranada di pulau Jawa. Tanaman ini sudah diteliti dan memiliki banyak hal positif. Kandungan yang di dalam meniran punya khasiat sendiri- sendiri. Untuk yang berhubungan dengan kanker, kandungan pada meniran ada yang dinamakan flavonoid.

Flavonoid merupakan zat yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem pelindung kesehatan. Berbicara kanker maka sudah pasti berhubungan dengan pelindung kesehatan anak. Kandungan flavonoid yang ada dalam daun meniran berperan mengirimkan sinyal kepada reseptor sel tubuh. Kerja dari reseptor sel yang baik dapat membuat imun tubuh juga bekerja dengan baik.

Saat sel kanker menyerang, dengan imun tubuh yang prima maka bisa melemahkan sel kanker tersebut. Dengan demikian, sel kanker tidak punya kemampuan penuh untuk menyerang sel sehat balita.

Memiliki pelindung kesehatan yang baik dapat memberikan tiga hal positif untuk tubuh, antara lain bisa menghalagi virus dan bakteri yang ingin masuk ke tubuh, apabila bakteri dan virus berhasil masuk maka pelindung kesehatan yang tinggi bisa menandai virus dan bakteri, dan terakhir dengan adanya pelindung kesehatan yang baik dapat memberantas virus dan bakteri pada tubuh.

Daun meniran yang telah diproses dan menjadi bahan utama pada stimuno memiliki peranan untuk membantu imun tubuh jadi meningkat dan semakin kuat. Memberikan daun meniran secara langsung ke balita pastinya sangat tidak mungkin.

Adanya stimuno untuk balita jadi lebih memudahkan orang tua untuk memberikan kepada buah hati. Dengan minum secara teratur dan sesuai yang dianjurkan, diharapkan anak balita mulai dari 1 tahun ke atas akan berkurang terkena kanker.

Menghindarkan dari Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pengendapan pada senyawa yang sulit untuk larut. Kesulitan senyawa larut dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan, hal ini menyebabkan air seni berubah jadi pekat. Perubahan ini berdampak buruk pada saluran ginjal yang membuat terjadinya penyumbatan dari saluran ginjal menuju kandung kemih.

stimuno untuk balita menghindarkan batu ginjal

Penyakit batu ginjal bukan menyerang orang dewasa saja, tetapi banyak juga anak-anak. Hal yang paling utama menyebabkan penyakit ini terjadi karena kurangnya anak minum air putih, sama seperti orang dewasa juga.

Kekurangan air minum pada anak ini jadi tanggung jawab orang tua. Terkadang saat anak asyik dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai, orang tua wajib mengingatkan agar berhenti sejenak untuk minum air. Apalagi kegiatannya yang menguras tenaga, sehingga membuat banyak cairan tubuh hilang. Anak balita kalau sudah asyik bermain maka bakal fokus pada permainannya.

Selain kuranganya minum atau dehidrasi, penyakit batu ginjal pada anak balita masih belum bisa dipastikan penyebab pastinya dikarenakan apa. Namun ada dua kebiasaan yang sering terjadi, perlu untuk orang tua ketahui, antara lain:

Berlebihan Minum Obat

Orang tua zaman sekarang kalau anak sakit langsung diberikan obat, apalagi program pemerintah dengan bantuan dana kesehatan. Bisa dibilang sakit yang tidak parah pun maunya minum obat. Anak balita yang terlalu sering minum obat, ini sangat tidak bagus untuk tubuh mereka.

Pola Makan Tidak Sehat

Makanan yang paling disukai anak balita kalau ada rasa manis- manisnya. Sesekali diberikan tidak mengapa, namun apabila sudah berlebihan maka ini yang mengundang datangnya penyakit. Belum lagi minuman yang mereka minum. Makanan maupun minuman sekarang ini lebih banyak mengedapankan rasa. Terutama untuk anak- anak, maka bakal disesuaikan dengan keinginan anak- anak.

Orang tua wajib lebih menjaga lagi untuk mengecek makanan dan minuman apa saja yang baik untuk diberikan ke anak. Kesempatan mereka untuk bebas memilih makanan maupun minuman yang mereka sukai saat di sekolah. Jadi tidak ada salahnya, orang tua khususnya ibu mulai belajar membuat makanan dengan rasa yang anak suka dengan tetap mengedepankan nutrisi di dalamnya.

Anak balita yang terserang penyakit ginjal batu, akan dapat diketahui dengan gejala- gejala antara lain demam, selalu kebelet buang air kecil, anyang- anyangan, sakit bagian punggung, kencing berdarah, sakit dari bagian bawah perut hingga ke bagian kemaluan.

Penanganan yang terbaik sebenarnya bukan saat sudah mengalami sakit, tetapi jauh sebelum terkena penyakit, orang tua lebih memperhatikan kondisi anak. Salah satunya bisa dengan memberikan stimuno, apabila sudah melihat ada gejala- gejala yang seperti disebutkan. Hanya saja pasti pada bertanya apa benar stimuno kalau diberikan untuk balita dapat membantu untuk menghindarkan penyakit ginjal pada anak?

Ekstrak Meniran Pada Stimuno Mengatasi Batu Ginjal

Informasi yang didapatkan ini berasal dari jurnal penelitian. Dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan Pendidikan Kimia Universitas Tadulako, Palu. Dibawah ini halaman awal jurnal beserta linknya:

stimuno untuk ginjal

Berdasarkan jurnal tersebut juga dikatakan penyebab penyakit ginjal pada umumnya belum diketahui jelas. Namun oleh peneliti berdasarkan hasil dari penelitian lainnya yang membahas obat tradisional serta tanaman obat, ada memasukkan tanaman meniran bagus untuk saluran kencing.

Dipilihnya tanaman meniran juga bukan sembarangan pilih, ini juga berdasarkan dari penelitian lainnya yang menjelaskan tanaman meniran mempunya banyak hal positif sebagai tanaman obat. Berdasarkan ini semua, stimuno kandungan utamanya adalah tanaman meniran.

Terhadap Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau nama medisnya disebut GERD merupakan keadaan dimana asam lambung naik menuju esofagus. Kondisi ini menyebabkan ada perasaan terbakar di dada serta rasa nyeri di ulu hati. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang menyerang siapa saja tanpa mengenal umur.

stimuno untuk balita penyakit asam lambung

Anak balita salah satunya yang sudah mulai banyak terserang penyakit asam lambung. Gejala yang biasa terjadi saat anak terserang penyakit asam lambung diantaranya balita di usia 6 bulan mulai sering muntah saat makan, mengalami kondisi susah untuk bernapas, ada darah saat anak balita buang air besar, suka menolak untuk makan serta berat badan tidak tumbuh.

Penyebab terjadinya penyakit asam lambung pada anak balita diantaranya efek dari berat badan berlebih. Balita memang akan lebih menggemaskan jika mempunya badan yang buntel. Tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa balita gemuk menandakan balita tersebut sehat.

Selain itu, penyebab selanjutnya yang membuat anak balita bisa terkena penyakit asam lambung karena suka makan cokelat. Menghindarkan anak dari makanan cokelat rasanya agak sulit. Walau demikian, orang tua perlu untuk menjaga batasan cokelat yang bisa di makan anak. Cokelat mengandung kafein yang apabila diberikan berlebih maka dapat merangsang naiknya asam lambung.

Anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas, apalagi yang sudah tahu jajan sendiri menjadi penyebab juga terserang penyakit asam lambung. Jajanan seperti gorengan dan makanan sejenisnya bisa membuat asam lambung naik.

Sekali lagi, lebih baik menghindari daripada mengobati. Disamping menghindarkan anak dari penyebab yang bisa menimbulkan penyakit asam lambung, bisa juga menjaganya dengan memberikan makanan serta minuman sehat dan ditambah dengan stimuno saat kondisi anak lemah.

Meniran Pada Stimuno Bisa Untuk Penyakit Asam Lambung

Berulang- ulang kali meniran mendapatkan pembahasan dalam tulisan stimuno untuk balita yang kami buat. Ini bukan asal menyebutkan, tetapi memang begitu banyaknya khasiat yang dimiiki oleh tanaman meniran. Stimuno memang tidak salah memilih meniran sebagai bahan utama.

Meniran memiliki senyawa yang bisa membantu untuk mengatasi asam lambung berlebih. Senyawa tersebut resin, kalium dan zat filantin. Secara tradisional, meniran dibuat menjadi ramuan dan meminum nya sehari tiga kali. Namun jika orang tua khususnya ibu tidak mempunyai waktu untuk membuat ramuan tersebut, sudah ada cara mudahnya dengan stimuno yang diproduksi untuk balita.

Berdasarkan apa yang telah kami bagikan mengenai stimuno untuk balita, diharapkan akan menambah informasi bagi orang tua. Mengutamakan mengatasi dibanding mengobati merupakan langkah yang baik dilakukan, karena ini salah satu upaya orang tua dalam menjaga anak.

Tulisan ini diikutsertakan juga untuk kontes seo, dan untuk kontes seo lainnya bisa baca Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, terima kasih.