Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari di Google Untuk Mendatangkan Visitor

Kata kunci paling banyak dicari di Google – memastikan terlebih dahulu topik atau ide apa yang akan di tulis nantinya pada sebuah blog maupun website akan berpengaruh pada banyak dan sikitnya jumlah visitor ke depannya.

Langkah yang biasa dilakukan oleh para blogger adalah dengan mencari kata kunci apa yang paling banyak di cari ke Google. Berbagai tahapan dilakukan baik menggunakan dengan cara yang gratis maupun berbayar memakai tools untuk mendapatkan hasil yang benar- benar akurat.

Dari banyaknya cara yang bisa diperbuat untuk mengetahui kata kunci populer di cari ke Google, yang paling sering digunakan oleh tim OPTIMATIVA ada menggunakan 4 cara disebut dengan 4G ditambah W atau rumusnya 4G + W . Mau tahu apa maksudnya? Silahkan terus baca ulasannya sampai selesai ya.

4G + W Cara Mencari Kata Kunci Banyak Dicari

Untuk pola 4G lebih kepada menggunakan fitur yang ada disediakan oleh Google sendiri seperti:

1) Google Suggest

Cara paling cepat untuk bisa mendapatkan ide kata kunci adalah dengan langsung mengetikkan ide yang ada di pikiran ke kotak pencarian google dan kasi spasi sedikit agar bisa keluar suggest atau saran kata kunci satu jenis yang sebelumnya pernah di cari.

Terkait kata kunci yang didapatkan nantinya apakah sering dicari atau tidak masih belum bisa diketahui dengan jelas karena tidak ada data yang ditampilkan hanya kata kunci bersangkutan saja. Misalnya di ambil contoh saat tim OPTIMATIVA menuliskan artikel tentang cara mendapatkan backlink dari google pada postingan sebelumnya maka media Google Suggest yang dipakai.

Caranya cukup simpel hanya dengan mengetikkan cara mendapatkan backlink dan langsung ada suggest yang keluar seperti terlihat di gambar bawah:

Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari Untuk Mendatangkan Visitor

Paling bagus saat banyak suggest atau saran yang keluar dan berbeda- beda jadi lebih mudah menggabungkan kata kunci yang bisa dibahas hanya dengan buat satu postingan saja. Seperti yang juga pernah dilakukan membuat artikel tentang cara mengemudi mobil matic maka dibuat judul lebih panjang dengan tambahan kata- kata bagi pemula yang ternyata jika dilihat dari hasil suggest ada yang pernah mengetikkan kata kunci tersebut.

2) Google Related Keyword

Untuk cara kedua mendapatkan kata kunci paling banyak dicari ke Google dengan menggunakan Google Related Keyword yang bisa ditemukan langsung pada bagian bawah hasil pencarian google. Tim OPTIMATIVA biasanya menggunakan kata kunci yang didapatkan dari metode kedua ini untuk membuat variasi kata kunci pada artikel yang akan di tulis.

baca juga: Penyebab Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google, Nomor 3 Penting

Seperti yang diketahui bersama apabila suatu artikel terdapat banyak variasi kata kunci maka akan lebih terlihat natural ketimbang artikel tersebut hanya berisikan kata kunci utama saja yang diulang terus- terusan. Dalam istilah yang biasa sering disebut pakar seo adalah keyword density atau kerapatan kata kunci. Terkait hal ini akan dibahas pada postingan selanjutnya ya.

3) Google Trends

Media ketiga yang juga sering digunakan oleh tim OPTIMATIVA adalah Google Trends yang pada artikel sebelumnya telah dibuat pembahasan mengenai cara riset kata kunci menggunakan google trends.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, untuk Google Trends merupakan hasil penggabungan data yang didapatkan dari dua metode sebelumnya dan saat ingin menentukan kata kunci paling banyak di cari juga bisa didapatkan dari sini.

4) Google Keyword Planner

Ini merupakan G keempat sebagai pelengkap 4G yang juga menjadi sarana tepat untuk membantu para blogger mengetahui kata kunci yang tepat dibahas dimana bisa menghasilkan banyak visitor. Hanya saja belakangan ini fitur yang ada pada Google Keyword Planner tidak seperti dulu menampilkan data berupa angka hasil pencarian tiap bulan.

Setelah ada kebijakan dari Adwords terkait penggunaan fitur yang ada maka untuk mendapatkan angka yang pasti perlu membayar iklan di awal karena jika tidak bayar maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Kata Kunci Yang Paling Banyak Dicari

5) Webmaster Tools atau Search Console

Google Webmaster Tools yang sekarang disebut dengan Search Console bisa juga memberikan gambaran bahwa artikel yang telah tulis apakah menghasilkan banyak tayangan atau tidak. Salah satu contoh postingan yang banyak tanyangan atau dalam artian lagi hits di cari ke Google adalah tentang Toko Modern FASTPAY Solusi Belanja Online Tanpa Transfer karena topik tersebut artikel lomba.

Untuk lebih memudahkannya bisa dilihat seperti gambaran di bawah ini:

Kata Kunci Yang Paling Banyak Dicari di Google

Terlihat jelas sekali bahwa kata kunci tersebut memiliki banyak tanyangan, ini dikarenakan artikelnya sudah berada di halaman pertama google.

Dari berbagai metode diatas yang digunakan oleh tim OPTIMTIVA untuk mencari kata kunci yang banyak dicari di google lebih suka memakai metode 3G tanpa mengikutkan Google Keyword Planner. Setelah dapat ide yang sudah dianggap menarik baru membuat artikel dan memperhatikan tayangannya di Webmaster Tools.

2 thoughts on “Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari di Google Untuk Mendatangkan Visitor

  • October 17, 2017 at 12:10 am
    Permalink

    googlw adwords itu berbayar ya gan?

    Reply
    • October 17, 2017 at 12:34 am
      Permalink

      iya bener banget gan

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *