Cara Mengatasi serta Menghapus Komentar Spam di WordPress

Cara Mengatasi serta Menghapus Komentar Spam di WordPress – Salah satu hal yang sangat menjengkelkan saat melihat postingan di blog adalah banyaknya komentar spam. Masih banyak blogger berpendapat bahwa untuk menaikkan postingan blog mereka di blog adalah dengan melakukan spam di kolom komentar blog orang lain. Selain itu juga, mereka berpendapat bahwa spam komen bakal menghasilkan backlink yang berkualitas.

baca juga: 4 Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dari Mbah Google

Padahal faktor agar bisa muncul di halaman google bukan lah sebatas backlink saja. Begitu banyak faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan. Seorang pakar seo selain membahas backlink, akan juga bahas bagaimana dalaman website itu sendiri. Bisa jadi bukan karena kurangnya backlink yang membuat postingan atau artikel di blog jadi tidak naik.

baca juga: Penyebab Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google

Balik lagi ke niat kami tim OPTIMATIVA membuat tulisan tentang cara mengatasi serta menghapus komentar spam di wordpress karena ada satu artikel yang spam komentar nya gila- gilaan. Untungnya tidak langsung terpublish jika ada orang yang berkomentar di blog ini. Jadi semacam dibuat moderasi khusus, bukan untuk semua artikel yang ada.

Postingan tersebut yang membahas tentang suatu produk kesehatan untuk balita, bisa baca disini , namun untuk gambarannya berapa jumlah spam komentar yang masuk di blog wordpress optimativa ini seperti tertera di gambar berikut:

cara mengatasi komentar spam di wordpress

Awalnya kami lupa untuk membuat moderasi khusus untuk artikel yang ada di gambar, baru setelah mengecek komentar yang masuk sudah ratusan, disitulah sadar ternyata karena komentar spam.

Untuk blogger pemula khususnya yang belum tahu bagaimana cara mengatasi serta menghapus komentar spam di wordpress, ini langkah mudahnya.

cara menghapus komentar spam di wordpress

Sebelum postingan di publish, mulai biasakan untuk melakukan Quick Edit. Ini bertujuan untuk mengkhususkan moderasi pada artikel yang kita pilih. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti:

Komentar Spam di WordPress

Untuk bagian kotak kecil Allow Comments dan Allow Pings agar tidak di centang. Saat kedua kotak tersebut tidak di centang, maka khusus artikel ini yang mengenai cara mengatasi serta menghapus komentar spam di wordpress jadi tidak bisa dikomentari bahkan ditanam link.

Mudah bukan caranya, sekarang kita lanjut untuk cara cepat menghapus komentar spam di wordpress dalam jumlah ratusan. Bisa jadi masih sedikit yang tahu cara ini, khususnya blogger pemula.

Pertama bisa buka terlebih dahulu menu Comments pada bagian dashboard, tampilannya seperti dibawah ini

mengatasi komentar spam wordpress

Fokus ke bagian Screen Options, untuk tampilan yang default biasanya halaman komentar minimal ada 10-20 , baru jika jumlah komentar banyak dilanjutkan ke halaman berikutnya.

Dibagian tersebut bisa dilakukan penyetelan jumlah komentar untuk satu halaman, tinggal klik saja tanda panah pada Screen Options maka akan muncul

menghapus komentar spam wordpress

Pada opsi Number of items per page bisa diisikan angka hingga ratusan, dengan demikian nantinya satu halaman akan muncul ratusan komentar. Kami pernah mencoba pada angka lebih dari 100, memang tampilan yang muncul bisa semua pada satu halaman. Namun saat ingin menghapus komentar spam di blog wordpress ini ada kendala. Apabila di centang semua dan dihapus bersamaan dengan jumlah lebih dari 100 ternyata tidak bisa.

Jadi sekarang lebih di setting pada angka 100, apabila pada gambar pertama yang salah satu artikel di spam sampai angka 300-an, berarti hanya ada 3 halaman saja. Untuk mengatasi sekaligus menghapus komentar spam yang ada juga bisa dilakukan tiga kali saja karena satu halaman bisa hapus 100 komentar.

Ya seperti inilah cara mengatasi serta menghapus komentar spam di wordpress yang kami lakukan, semoga bisa bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Mengatasi serta Menghapus Komentar Spam di WordPress

  • February 27, 2019 at 8:45 am
    Permalink

    Menurut saya, jangan di hapus…tapi…agregrasi status komentarnya 🙂

    Reply
    • May 30, 2019 at 12:06 pm
      Permalink

      baik gan, terima kasih atas sarannya 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *