Cara Mudah Mengetahui serta Cek Rangking Website di Google Pakai Tools Gratis

Cek rangking website di google untuk tahu sudah berada di halaman berapa atau posisi website di urutan keberapa adalah hal selanjutnya yang biasa dilakukan blogger. Setelah melakukan berbagai trik optimasi pastinya penasaran apakah trik yang dilakukan berhasil atau tidak mengantarkan blog maupun tulisan bisa masuk ke google.

Semenjak adanya google pigeon yang merupakan salah satu cara untuk merangking suatu blog atau website dengan berfokus pada penelesuran pencarian lokal. Hal ini sering membuat perbedaan hasil ranking blog atau artikel. Maka dengan langsung mengetikkan kata kunci yang ditargetkan ke kotak pencarian google sangat tidak tepat karena hasilnya nanti belum bisa dikatakan valid.

Oleh karena itu agar tidak terjadi perbedaan serta kebingungan tepatnya saat cek posisi website maka tim OPTIMATIVA akan berbagi informasi tentang tools gratisan yang biasa digunakan.

Georanker

Georanker hadir dengan fitur yang sangat kami sukai, dimana ada pilihan untuk cek peringkat website pencarian lokal serta global. Tools ini sebenarnya berbayar, namun untuk trial terlebih dahulu juga sudah lumayan.

Apabila memutuskan untuk mencoba trial maka akan dapat kesempatan 500 poin, tiap melakukan pengecekan kata kunci serta diikuti kota atau negara mana maka poin tersebut akan berkurang.

Kekurangannya jika menggunakan trial, tools Georanker hanya bisa mengecek sampai peringkat 30 besar atau sampai halaman tiga hasil pencarian google. Jadi jika berniat menggunakan tools ini maka pastikan saat melakukan optimasi blog atau artikel, sebaiknya sudah memperhitungkan blog minimal bisa ditemukan di halaman tiga hasil pencarian google.

Berikut Tutotrialnya:

Buka terlebih dahulu situs Georanker

Cara Mudah Mengetahui serta Cek Rangking Website di Google Pakai Tools Gratis

Tampilan di atas merupakan halaman utama, dan langsung saja klik tombol START FREE TRIAL untuk membuat akun yang bisa memakai gmail.

Selanjutnya setelah mengikuti proses pendaftaran, bisa login menggunakan akun yang sudah jadi dan masuk ke dalam menu dashboard seperti di bawah ini:

Cara Mengetahui Rangking Website di Google

Pilih menu New Campaign dan isi tiap kolom yang ada seperti contoh gambar di atas. Poin 500 yang dikatakan sebelumnya bisa dilihat pada bagian CREDITS seperti di gambar ada angka 436. Hal ini menandakan bahwa OPTIMATIVA sudah menggunakan 64 poin.

Apabila memilih untuk ingin mengetahui terlebih dahulu posisi website secara lokal maka bisa pilih tombol local serta memasukkan kota- kota mana saja. Jika sudah selesai klik tombol next dan akan tampil seperti dibawah ini:

Cara Cek Rangking Website di Google

Untuk sebagai tes cara cek rangking website maka disini akan coba dilakukan pengecekan kata kunci seperti yang ada di gambar dari tulisan sebelumnya tentang Tutorial Cara Membuat SEO Website Untuk Pemula Secara Gratis yang dibuat pada bulan november 2017.

Setelah memasukkan kata kunci apa yang ditargetkan dan memilih google sebagai mesin pencarinya maka bisa langsung klik tombol next. Pastikan kata kunci yang menjadi target telah di riset terlebih dahulu agar bisa mendatangkan visitor. Untuk hal ini boleh juga membaca tulisan mengenai Cara Riset Kata Kunci Yang Benar Untuk Blog Tertarget Menggunakan Google Trends .

Pada tampilan selanjutnya lebih kepada monitoring yang artinya apakah ingin selalu dapat informasi mengenai perubahan rangking website atau tidak. Jika tidak berkenan maka bagian notification & alerts tidak perlu di centang dan automatically generate RankTracker reports juga pilih saja none dan bisa klik next untuk mengetahui hasilnya seperti gambar di bawah ini:

Cek Rangking Website

Demikian terlihat jelas hasilnya di setiap lokasi dari 5 kota yang dipilih ternyata dua dari tiga kata kunci yang ditargetkan berada di urutan 25 ke atas, dengan kata lain telah berada di halaman tiga hasil pencarian google. Salah satu kata kunci teknik seo masih belum dapat peringkat karena bisa jadi belum masuk di 30 besar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, jika menggunakan akses gratis maka hanya bisa melakukan cek posisi website sampai 30 besar saja.

Rankaware

Tools Rankaware bisa dibilang masih belum terlalu lama tim OPTIMATIVA gunakan, beda halnya dengan tools sebelumnya yang juga sudah banyak digunakan oleh pakar seo. Dengan menggunakan Rankaware maka tak perlu harus mengecek satu persatu halaman google hanya untuk cek rangking website.

Tools ini bisa di download gratis dan penggunannya sangat mudah. Kelebihan lainnya bisa mengecek sampai halaman berapapun.

Berikut tutorial menggunakan Rankaware:

Silahkan buka situs http://myrankaware.com/ untuk mendownload tools ini.

setelah di download dan proses instalasi berjalan sukses, baru bisa dibuka dan dilakukan pengisian seperti gambar di bawah:

Cek Posisi Website

masukkan nama domain website yang ingin di cek posisinya tanpa diikuti http:// atau https:// karena sudah otomatis ada di tools ini.

Selanjutnya isi kata kunci pada bagian keywords sehingga tampilan jadi seperti ini:

Cek Peringkat Website

Sama seperti halnya tools sebelumnya, pada Rankaware juga bisa dimasukkan banyak kata kunci. Hanya saja karena ini sifatnya gratis maka jika ingin digunakan mengecek banyak website tidak bisa secara bersamaan. Harus hapus terlebih dahulu nama website yang sudah dimasukkan baru bisa tambah dengan website yang baru.

Rangking Website

Langkah selanjutnya memilih menggunakan mesin pencari di negara mana. Berhubung blog OPTIMATIVA ini dibuat khusus untuk menargetkan kata kunci Indonesia maka yang dipilih www.google.co.id agar disesuaikan dengan hasil pencarian di google Indonesia.

Jika ingin membuat penjadwalan juga bisa dilakukan, namun jika tidak bisa skip saja langkah tersebut dan pilih menu done untuk memulai pengecekan kata kunci yang ditargetkan sudah berhasil masuk di urutan atau halaman berapa.

Rangking Website di Google

Hasilnya lebih kurang sama dengan tools Georanker dan ini menandakan bahwa memang kata kunci yang di optimasi selama kurang lebih satu bulan sudah berapa di halaman tiga hasil pencarian google. Untuk satu kata kunci lainnya disini jelas belum berada di 10 halaman google bahkan urutan 100 lebih juga belum terlihat, bisa jadi ada yang salah dengan optimasinya atau juga belum terindeks. Jika pernah atau sedang mengalaminya juga boleh baca ulasan tentang Penyebab Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google

Apakah hanya dua tools ini saja yang bisa digunakan untuk cara mengetahui rangking website? Jika di cek ke google langsung pastinya ada banyak bahkan yang langsung bisa cek online juga ada. Perlu diingat, sebelum blog maupun artikel berada di halaman satu atau bahkan topwan maka akan selalu ada perbedaan antara tools satu dengan lainnya. Oleh karena itu, pastikan blog bisa berada di posisi topwan jadi tidak perlu pening memikirkan untuk cek rangking website di urutan berapa.

2 thoughts on “Cara Mudah Mengetahui serta Cek Rangking Website di Google Pakai Tools Gratis

  • January 24, 2018 at 12:43 pm
    Permalink

    wah keren neh artikelnya

    Reply
    • January 29, 2018 at 8:45 am
      Permalink

      terima kasih wendi, semoga bisa bermanfaat ya 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *