Cara Riset Kata Kunci Yang Benar Untuk Blog Tertarget Menggunakan Google Trends

Cara riset kata kunci menggunakan Google Trends – sebelum membangun blog yang benar serta tertarget langkah utama perlu dilakukan adalah riset. Dengan melakukan kegiatan mencari tahu topik apa yang sering dicari oleh netizen maka akan memudahkan nantinya saat mengisi konten- konten di dalam blog.

Ada banyak cara untuk melakukan riset kata kunci mulai dari gratis hingga yang berbayar dan pastinya setiap blogger dan bahkan pakar seo juga punya caranya sendiri. Salah satu tempat riset kata kunci gratis yang bisa didatangi untuk mendapatkan ide serta menemukan kata kunci apa yang baik untuk blog tertarget adalah Google Trends.

Cara Riset Kata Kunci Yang Benar Untuk Blog Tertarget Menggunakan Google Trends

Google Trends adalah salah satu aplikasi web yang dimiliki oleh Google ditujukan untuk memudahkan para pengguna internet dalam menemukan informasi apa yang sedang trend atau dicari oleh penghuni dunia maya ke internet. Pada situs Google Trends terdapat klasifikasi topik seperti salah satunya kategori HOT yang merupakan kategori paling banyak dicari oleh orang menurut data Google.

Berdasarkan kategori- kategori yang ada pada Google Trends sebenarnya bisa langsung dijadikan ide untuk membuat artikel di blog. Namun untuk yang ingin membangun blog tertarget atau khusus satu topik maka perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu dan berhubung dari hasil pengamatan tim OPTIMATIVA pencarian kata kunci cara riset kata kunci yang benar menggunakan google trends masih banyak yang cari akhirnya tulisan ini dibuat.

Tahapan Dalam Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Untuk langkah yang pertama bisa dilakukan jika ingin mengetahui cara riset kata kunci menggunakan situs google trends adalah membuka url https://trends.google.co.id/trends/ atau juga bisa ketikkan Google Trends di kolom mesin pencari google. Lalu setelah itu akan muncul tampilan seperti ini:

Riset Kata Kunci Untuk Blog Menggunakan Google Trends

Selanjutnya pada bagian menu pilih jelajahi atau bisa buka url https://trends.google.co.id/trends/explore sehingga tampilan yang muncul seperti gambar di bawah ini:

Riset Kata Kunci Yang Benar Menggunakan Google Trends

Rubah terlebih dahulu bagian negara menjadi Indonesia kemudian pilih yang 30 hari terakhir dan pada bagian kolom tambahkan istilah penelusuran silahkan masukkan kata kunci atau ide topik apa yang ingin diketahui.

Artikel Lainnya : Cara Melaporkan BLOG Yang Suka Copas Artikel Blog lain ke Google DMCA

Blog tertarget biasanya lebih fokus ke satu topik misalnya tentang gadget maka yang perlu diketikkan pada kolom tersebut adalah merk gadget nya, sehingga tampilan seperti ini:

Ada empat kolom yang perlu diperhatikan, antara lain:

Minat Seiring Waktu

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Pada kolom ini terdapat angka dari 25 hingga 100, dimana untuk menandakan bahwa kata kunci yang diketikkan tadi banyak di cari orang jika garis grafik berada di kisaran angka 75 dan 100. Namun bukan berarti di bawah 75 tidak ada yang mencari, hanya saja lebih sedikit pencariannya.

Minat Menurut Subwilayah

Cara Riset Kata Kunci Yang Benar

Kolom kedua menginformasi tentang pengguna internet dari wilayah dan kota mana saja yang paling banyak mencari kata kunci tersebut. Dengan begitu jadi lebih mendapatkan informasi tentang orang dari kota mana paling sering melakukan pencarian kata kunci yang sedang di riset ke Google Trends.

Artikel Lainnya: 4 Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dari Mbah Google

Bagi pelaku bisnis yang menggunakan website toko online untuk kolom kedua ini sangat bermanfaat jika mengetahui cara menggunakannya apalagi jika digabungkan dengan cara riset kata kunci gratis menggunakan kolom pencari Google langsung maka hasilnya bisa membantu penjualan online.

Topik Terkait

Riset Kata Kunci Gratis

Kolom ketiga tentang topik terkait yang memberikan gambaran kata kunci apa yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan sebelumnya. Untuk mendapatkan saran yang tepat maka kata kunci utama yang diketikkan sebaiknya lebih terperinci lagi misalnya tadi merk gadget maka lebih spesifik lagi dibuat.

Kueri Terkait

Riset Kata Kunci

Kolom keempat merupakan yang paling menentukan menurut Tim OPTIMATIVA saat melakukan riset kata kunci menggunakan Google Trends. Kolom ini memberikan informasi bahwa dari kata kunci yang diketikkan sebelumnya ternyata ada kata kunci lain yang pencariannya jauh lebih banyak serta masih berhubungan bisa dilihat pada opsi teratas.

Terdapat juga opsi lainnya yaitu meningkat, ini menjelaskan kata kunci yang lagi trend namun biasanya tidak bertahan lama orang mencari ke internet hanya periode- periode tertentu, misalnya saat ada merk hp mengeluarkan produk terbaru mereka dan memasang iklan di mana- mana maka pencarian tentang produk hp terbaru ini akan banyak di internet.

Empat kolom yang ada wajib untuk diperhatikan dan dipelajari secara seksama dan boleh juga melakukan riset kata kunci di Google Trends dengan topik yang lebih spesifik agar bisa mendapatkan hasil yang lebih rinci lagi.

Setelah mengetahui cara riset kata kunci menggunakan Google Trends dan telah menemukan kata kunci apa yang tepat maka barulah bisa menentukan judul atau artikel untuk blog umum maupun blog tertarget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *