Pengalaman Penyebab Artikel Hilang dari SERP Google

Saat artikel hilang dari serp google secara tiba- tiba itu menjadi momen yang mengesalkan sekali. Terlebih sebelumnya artikel tersebut sudah berhasil berada di posisi terbaik hasil pencarian google. Tapi entah kenapa, tanpa ada sebab malah menghilang.

Apa ini yang pembaca setia blog OPTIMATIVA rasakan? Jika iya, berarti sama juga dengan kami, saat ini juga mengalami artikel hilang untuk tulisan stimuno untuk balita dan info bimtek pusdiklat pemendagri. Mari bersama kita cari tahu penyebab yang membuat artikel hilang.

Tahap awal yang perlu diperhatikan jangan langsung berpikiran kena google sandbox dulu ya, kalau ini sebaiknya pikirnya belakangan saja. Khususnya bagi yang sebelumnya artikelnya sudah muncul di google. Jika sudah berpikiran kena hukuman seperti google sandbox maka sudah selesai deh, tidak ada lagi yang perlu di bahas.

Untuk memastikan bukan terkena google sandbox, bisa ketikkan seperti ini di kolom pencarian google:

site:namaweb.com/

Jika masih bisa ditemukan artikel yang tiba- tiba hilang tersebut, maka bisa dipastikan bukan karena google sandbox yang membuat artikel hilang dari serp google. Apabila tidak bisa ditemukan, baru jawabannya karena google sandbox.

Sebenarnya mengenai hal ini kami telah mengulasnya, hanya saja tidak terlalu mendetail. Bagi yang ingin membacanya bisa lihat pada tulisan Penyebab Kenapa Postingan Blog Tidak Muncul di Google.

Jika berdasarkan kasus yang kami alami, kedua artikel yang disebutkan merupakan artikel yang dibuat untuk kontes seo. Jadi bisa saja nanti ini berlaku untuk artikel pada blog biasa yang tidak diikutkan kontes seo. Oke berikut review pengalaman penyebab artikel hilang dari serp google.

Pernahkah melihat tampilan hasil pencarian google seperti gambar di bawah ini?

penyebab artikel hilang dari serp google

Bagi yang belum pernah, tampilan seperti itu bisa didapatkan saat mencari sesuatu ke google dan di cek sampai halaman terakhir. Semisal contohnya saat melakukan pencarian tentang cara melaporkan blog copas. Tampilan seperti gambar di atas bisa terjadi, saat kebanyakan blog membahasnya dengan sudut pandang yang sama. Terkhusus bagi blogger yang suka menulis ulang kembali dari artikel blog lain.

Pengalaman ini pernah kami alami dulunya saat mengikuti kontes juga dimana biasanya para pakar seo turut serta, dan berhasil menang dengan melakukan trik edit judul, deskripsi, tanggal, bulan serta artikel secara keseluruhan. Bisa lihat gambar dibawah ini:

artikel hilang dari google

Artikel tentang Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman bisa dilihat pertama sekali di tanggal 29 Desember, dan perhatikan ada garis- garis kecil itu menandakan jumlah revisi yang kami lakukan. Dan pada akhirnya isi artikel berubah menjadi:

artikel hilang dari serp

Terakhir artikel di rubah pada tanggal 6 Maret dan isinya juga sudah berbeda dari sebelumnya. Dan seminggu sebelum pengumuman kontes seo akhirnya muncul lagi artikel tersebut dan berhasil jadi juara kontes nissan.

Selanjutnya pengalaman artikel hilang dari serp juga pernah kami alami saat mengikuti kontes seo Vivagoal Situs Berita Bola Terkini. Ini juga karena banyaknya peserta membuat artikel yang mirip, sehingga google mengabaikan kembali blog yang isinya mirip. Ingat ya, bukan karena copas tetapi karena penjelasan artikel pada setiap blog mirip.

Untuk istilah google mengabaikan artikel yang mirip disebut dengan google omitted results, bisa ketikkan langsung istilah tersebut di kotak pencarian google.

Pada kontes vivagoal, hal serupa juga kami lakukan, dengan edit isi artikel, tanggal, dan deskripsi di plugin seo. Dan berhasil juga trik tersebut. Sebelumnya artikel hilang dari google setelah dipakai triknya jadi muncul kembali serta kami pun kembali jadi pemenangnya.

Namun entah kenapa trik tersebut tidak bisa berlaku untuk kontes stimuno, apakah karena ada algoritma terbaru google? Atau memang cara tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi, masih belum bisa dipastikan. Intinya sejauh ini penyebab artikel hilang dari serp google yang terjadi pada kami dikarenakan google mengindikasi artikel yang kami buat mirip dengan artikel blog lainnya. Ini saja pengalaman yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *