Tutorial Cara Membuat SEO Website Untuk Pemula Secara Gratis

Banyak yang mencari bagaimana cara membuat seo website agar artikel yang di tulis bisa tampil pada halaman pertama. Hal ini sangat wajar karena saat membahas tentang blog maupun website, agar bisa mendatangkan trafik banyak cara yang paling bagus adalah dengan berhasilnya mendapatkan rangking terbaik di halaman mesin pencari Google.

Kebanyakan orang yang baru memulai ngeblog berpikir bahwa dengan selalu rutin mengupdate isi blognya maka dengan sendirinya akan bisa juga tampil di Google. Pemikiran seperti itu ada benarnya, tetapi butuh waktu lebih lama blog bisa mudah ditemukan pada mesin pencari.

Oleh karena itu, blogger pemula perlu mempelajari bagaimana cara membuat seo di website agar impian untuk mendapatkan banyak pengunjung bisa tercapai. Lebih lagi blogger jaman now yang niatnya ngeblog sudah berubah semenjak banyak mastah SS earning adsense, maka biar bisa dapat penghasilan dari ngeblog juga wajib tahu seo.

Tim OPTIMATIVA sengaja membuat tutorial seo untuk pemula ini secara gratis yang memang dikhususkan untuk blogger belum paham seo sama sekali, jadi bagi master seo bisa jadi tanpa sengaja baca artikel tentang cara seo website yang ada disini mudah- mudahan tidak kecewa ya.

Belajar SEO WordPress

Tutorial SEO yang akan di bahas lebih berfokus menggunakan media WordPress karena memang blog OPTIMATIVA.com juga memakai platform yang sama. Untuk kali ini kami akan lebih berfokus membahas seo website dari segi onpage nya saja, karena di era algoritma google sekarang untuk onpage yang bagus maka blog pun juga akan bagus.

Dengan onpage yang sudah kuat, kata kunci yang ada pada artikel bisa mendapatkan posisi minimal halaman 3 google seperti halnya kata kunci seragam net tv yang masih mengandalkan kekuatan artikel seo friendly serta onpage.

Oke biar tidak terlalu lama, berikut tahapan- tahapan yang kami lakukan terkait onpage di blog ini:

Setting General

Tutorial Cara Membuat SEO Website Untuk Pemula Secara Gratis

Bagi kami tim OPTIMATIVA sangat penting untuk mengisi kolom Site Title sesuai dengan nama blog karena ini nantinya akan bisa membuat nama blog dikenal. Fungsi SEO sebenarnya bukan sekedar untuk membuat blog ataupun website bisa berada di halaman pertama google, tetapi agar brand jika berbicara bisnis atau nama blog lebih bisa dikenal.

Contohnya saat ada yang mencari ke internet terus mengetikkan cek tagihan listrik online lewat hp dan hasilnya seperti ini:

Tutorial Cara Membuat SEO Website

Nah bisa dilihatkan ada dua tanda ceklis dan satu tanda silang besar, apa sudah ada yang tahu dimana letak benar dan salahnya?

Menurut kami dengan melakukan setting general khususnya di bagian site title dengan mengisikan nama blog maka saat muncul di halaman mesin pencari google akan terlihat dengan jelas juga nama blognya. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa SEO bagi kami fungsi utamanya adalah untuk mengenalkan brand atau nama blog.

Bisa lihat sendiri, website sekelas tokopedia dan blibli saja secara tidak langsung mengiyakan apa yang kami katakan, walau jika dari gambar kedua website tersebut bisa berada di halaman google karena menggunakan adwords yang dalam artian bayar iklan ke Google.

Beda halnya dengan tiga blog di bawah yang memakai seo tetapi sangat disayangkan ketiga blog tersebut bisa jadi tidak mengedit nama blog nya agar bisa muncul di setiap laman artikel. Sekarang apakah ini penting dan termasuk dalam kategori onpage? Bagi kami sih iya, dan ini merupakan pendapat jadi bisa saja pembaca ada yang setuju dan tidak.

Setting Permalink

Permalink atau bisa juga disebut dengan struktur URL juga jadi fokus utama bagi kami saat bercerita tentang onpage seo. Beberapa praktisi bahkan pakar seo ada yang mengatakan bahwa dengan membuat permalink mengandung kata kunci maka hal tersebut akan memudahkan google, tetapi bukan berarti permalink yang berupa angka tidak bisa pejwan ya karena berbicara untuk tampil di halaman pertama google banyak faktor.

Cara Membuat SEO Website

Dari gambar di atas, kami fokusnya menggunakan pilihan permalink dengan jenis Post name. Untuk jenis ini URL nantinya akan menyesuaikan dengan judul artikel seperti halnya artikel ini tentang tutorial cara membuat website seo untuk pemula secara gratis maka nantinya URL nya pun demikian juga isinya.

Setelah bagian setting selesai maka langkah selanjutnya adalah menginstal plugin yang memang dibutuhkan untuk membuat seo di website. Berikut plugin yang paling penting terkait seo:

Plugin SEO

Bagi yang belum tahu sama sekali tentang seo bisa jadi tidak pernah berpikir bahwa ada plugin yang membantu seperti halnya plugin seo. Sangat wajar kami jika artikel ini bertemakan tutorial seo untuk pemula karena memang isinya juga tidak terlalu mendalam pembahasannya apalagi mengulas bagaimana bisa jadi juara kontes seo.

Plugin seo yang kami gunakan adalah All in One SEO, walau dari segi kualitas apabila paham cara penggunaannya maka lebih bagus plugin lainnya seperti YOAST. Plugin YOAST seperti memberikan panduan saat menulis artikel apabila tanda pada kolomnya masih merah atau kuning maka artikel tersebut belum terlalu seo friendly.

Hanya saja kami masih menggunakan All in One SEO jadi untuk settingnya seperti gambar ini:

Tutorial SEO Untuk Pemula

Ada dua kolom saja yang perlu difokuskan, pertama kolom home title. Untuk kolom ini bisa diisikan nama blog atau pun juga diikuti dengan kata kunci utama yang ditargetkan. Blog optimativa bisa dikatakan pada halaman utama tidak menargetkan kata kunci apapun sehingga kami hanya mengisikan sesuai nama blog saja. Apabila pembaca memiliki blog yang satu topik atau menargetkan kata kunci, sebaiknya bisa ditambahkan.

Kolom kedua home description ini lebih kepada menjelaskan secara singkat saja bahwa blog yang ada membahas tentang apa. Lagi- lagi karena blog ini memang sifatnya tidak fokus pada satu topik maka isinya seperti yang terlihat di gambar, namun pembaca yang punya blog satu topik sebaiknya pada bagian kolom kedua upayakan membuat keterangan yang mengandung kata kunci utama juga.

Plugin Sitemap

Masih tetap membahas plugin yang mendukung seo website dimana untuk yang kedua kami berfokus pada sitemap. Gambaran tentang sitemap seperti halnya daftar isi pada sebuah buku, dengan adanya sitemap maka bisa memudahkan robot google untuk membaca secara keseluruhan isi artikel yang ada. Sama seperti halnya saat membaca buku maka paling utama biasanya membuka halaman daftar isi untuk tahu apa- apa saja materi yang akan di bahas bukan?

Untuk plugin sitemap yang kami gunakan adalah Google XML Sitemaps, tinggal cari di menu add new plugin kemudian ketikkan nama pluginnya lalu instal. Tanpa ada setting apa-apa, maka plugin tersebut sudah bisa membantu.

Lebih kurang seperti inilah onpage dasar yang kami terapkan untuk di blog optimativa, selanjutnya lebih fokus pada pengisian blog dengan artikel yang mengandung kata kunci. Terkait hal ini mungkin kedepannya akan kami buat satu postingan khusus tentang onpage dalam hal artikel. Namun, apabila ada yang penasaran karena artikelnya belum juga muncul ke google boleh juga membaca ulasan sebelumnya tentang postingan blog tidak muncul di google.

Membicarakan onpage sebenarnya masih banyak lagi yang perlu dibahas, tetapi untuk blogger pemula bisa menerapkan apa yang sudah kami jelaskan terlebih dahulu agar lebih mudah memahami seo secara bertahap dan bisa menikmatinya. Semoga tulisan tentang tutorial cara membuat seo website untuk pemula secara gratis yang kami bagikan bisa bermanfaat dan silahkan juga menyampaikan pertanyaan maupun saran pada kolom komentar agar kami dapat masukan. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *