Tata Cara Membayar Pajak Kendaraan Motor serta Mobil secara Online

Cara membayar pajak motor mobil online – Kepolisian Republik Indonesia sedang menggarap suatu sistem online untuk membayar pajak mobil maupun motor dalam administrasi manunggal satu atap atau bisa disingkat dengan e-Samsat. Ini merupakan solusi yang diberikan kepolisian dimana selama ini masyarakat setiap mau bayar pajak kendaraan harus direpotkan dengan antrean yang begitu panjang maka dengan adanya e-Samsat hal tersebut tidak perlu terjadi lagi.

Pembayaran pajak motor serta mobil secara online nantinya akan dibuat lebih mudah, dapat mendatangi ATM dari bank- bank yang diberikan kuasa oleh kepolisian atau juga bisa melakukan pembayaran dengan cara mobile banking. Berhubung dengan pembayaran online, baca juga tulisan lainnya terkait Toko Modern FASTPAY Solusi Belanja Online Tanpa Transfer untuk menambah pengetahuan.

Tahap uji e-Samsat pertama sekali akan dilakukan bulan Oktober 2017 untuk kota DKI Jakarta sebagai uji coba. Untuk memudahkan masyarakat juga akan dibuat aplikasi yang dapat di unduh langsung pada smartphone android dengan nama aplikasi Samsat Online Nasional. Jadi bagi yang memiliki kendaraan bermotor serta mobil misalnya mobil mitsubishi Expander perlu mengetahui ini.

Tata Cara Membayar Pajak Kendaraan Motor serta Mobil Secara Online

Untuk lebih jelas tentang menggunakan e-Samsat, berikuta tata cara pembayaran pajak motor dan mobil online:

a). Masyarakat yang termasuk wajib pajak baik berprofesi sebagai orang kantoran, pebisnis minuman teh thailand dan siapapun yang memiliki kendaraan maka  pertama sekali harus mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional, kemudian mengisi data nomor registrasi kendaraan bermotor atau NRKB serta mengisi nomor induk kependukukan.

b). Setelah hal tersebut dilakukan maka akan mendapatkan konfirmasi kode bayar dan juga ada informasi terkait jumlah uang yang harus dibayarkan. Untuk pembayaran bisa lebih mengutamakan mendatangi ATM Bank yang diberi kuasa agar mendapatkan bukti pembayaran.

c). Bukti pembayaran kemudian dibawa ke Kantor Samsat di kota masing- masing untuk menjelaskan bahwa sudah melakukan pembayaran pajak kendaraan mobil maupun motor secara online agar bisa mendapatkan surat penerbitan atau pengesahan STNK.

Terkait pembayaran pajak kendaraan e-Samsat berikut beberapa jenis layanan yang diberikan:

1). Layanan untuk kendaraan bermotor dengan keadaan pengesahan STNK 1 Tahun.

2). Layanan untuk kendaraan bermotor keadaan tidak terlambat dari 1 Tahun.

3). Layanan untuk kendaraan bermotor tidak ganti STNK.

4). Layanan untuk kendaraan bermotor tidak dalam keadaan kriminal, kecelakaan lalu lintas, hilang maupun rusak serta yang sedang dalam proses jual.

5). Layanan untuk kendaraan bermotor yang memiliki KTP pemilik asli, STNK, serta BPKB.

Dengan adanya e-Samsat maka bagi pihak kepolisian sendiri dapat memberikan data yang lebih akurat serta up to date sehingga masyarakat lebih tahu dan untuk masyakarat sendiri dengan adanya Samsat Online dapat lebih mudah membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat mana saja selama berada dalam satu provinsi.

Terkait informasi cara membayar pajak motor mobil online semoga bisa berguna untuk pembaca dan jadi bisa ikut serta membantu sosialisasi e-Samsat.

2 thoughts on “Tata Cara Membayar Pajak Kendaraan Motor serta Mobil secara Online

  • September 26, 2017 at 7:51 pm
    Permalink

    Dengan membaca artikel ini untuk bayar pajak mobil jadi tidak perlu mondar mandir lg karena sudah ada bayar dengan online, terima kasih artikel yang bermanfaat.

    Reply
    • September 26, 2017 at 9:09 pm
      Permalink

      terima kasih telah berkunjung maschun, semoga artikel cara membayar pajak kendaraan motor mobil online bisa berguna

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *